Kenali Hair Porosity Untuk Atasi Permasalahan Rambut!

Wpfreeware 2024-07-13 11:00:00 Fashion&beauty

Source: Pinterest

Sobat Glamours siapa yang suka bingung dengan permasalahan rambut? Pasalnya permasalahan dan solusi rambut bisa dilihat dari Hair Porosity atau kelembapan rambut. Porositas rambut adalah kemampuan tiap helai rambut dalam menyerap dan mempertahankan kelembapan. Tingkat porositas rambut memengaruhi bagaimana minyak dan kelembapan diserap dan dikeluarkan oleh kutikula.


Karena hal tersebut air, minyak dan produk-produk moisturizing seperti kondisioner dan hair mask yang digunakan harus dapat melewati kutikula untuk sampai ke lapisan korteks, supaya bisa menghantarkan nutrisi dengan baik untuk rambut. Pada dasarnya terdapat dua jenis porositas rambut yang perlu Sobat Glamours ketahui, berikut diantaranya!


Porositas rendah

Story pin image

Source: Pinterest

Tipe rambut porositas rendah merupakan salah satu jenis porositas yang mampu menahan kelembapan dengan lebih baik dan menjaga rambut agar tidak terlihat kering dan rusak. Tipe rambut ini biasanya sulit untuk menyerap produk-produk yang diaplikasikan ke batang rambut, sehingga menumpuk di rambut. Selain itu rambut juga akan lebih sulituntuk dibasahi dengan air, dan memerlukan waktu yang lebih lama untuk mengeringkan rambut.


Porositas tinggi

Source: Pinterest

Berbanding terbalik dengan sebelumnya rambut dengan porositas tinggi lebih cepat kering dan mudah menyerap air serta produk-produk yang diaplikasikan. Sayangnya, kelembapan yang diserap cepat juga menghilang. Rambut dengan porositas tinggi tidak mampu menahan hidrasi dan kelembapan. Itu sebabnya, rambut dengan porositas tinggi cenderung kering, kusut dan mudah patah. Rambut dengan tipe porositas ini sangat rentan terhadap kerusakan.


Lalu bagaimana cara Sobat Glaours tahu hair porosity masing masing? Cara cek porositas rambut itu sangat mudah. Andat  tidak perlu pergi ke salon atau klinik kecantikan cukup lakukan cara simpel ini di rumah berikut ini:


  • Ambil sehelai rambutmu dari sisir, lalu letakkan di dalam mangkuk berisi air.
  • Jika rambutmu mengapung di atas permukaan air, rambutmu bisa disebut memiliki porositas rendah.
  • Bila rambutmu mengapung di bawah permukaan air tetapi tidak sampai tenggelam, berarti rambutmu termasuk memiliki memiliki porositas sedang atau normal.
  • Bila helai rambut tenggelam hingga ke dasar mangkuk, rambutmu termasuk jenis yang memiliki porositas tinggi.


Nah itu dia pengetahuan singkat akan hair porosity, Sobat Glamours bisa langsung mengujinya agar tahu cara perawatan rambut yang pas untuk Anda, Selamat mencoba!

Comment

Similar Post You May Like