Rekomendasi Buah-buahan Untuk Turunkan Darah Tinggi!

Wpfreeware 2024-06-25 07:37:28 health

Sobat Glamours siapa yang bingung hendak makan apa saat tekanan darah menjadi tinggi? Biasanya banyak hal yang perlu diperhatikan, karena hal ini termasuk salah satu penyakit yang diklaim “silent killer”. Pasalnya Hipertensi memang tidak bisa disembuhkan secara total. Akan tetapi, kondisi ini bisa dikendalikan melalui perawatan yang tepat, termasuk dengan memilih buah-buahan untuk dimakan.


Untuk menghindari tekanan darah bertambah tinggi, berikut ini merupakan rekomendasi buah-buahan yang bisa turunkan tekanan darah tinggi! Yuk simak dengan baik Sobat Glamours.


Kiwi

Source: pinterest

Buah yang memiliki rasa asam pekat ini ternyata merupakan salah satu buah untuk turunkan tekanan darah. Kiwi mengandung kalsium, magnesium, dan kalium yang baik untuk seseorang dengan tekanan darah tinggi. Ketiga mineral tersebut akan menurunkan tekanan darah dengan cara membantu relaksasi dinding pembuluh darah. Selain itu antioksidan dalam Vit C dalam buah tersebut bagus untuk melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel tubuh.


Buah beri

Source: Pinterest

Sedikit memiliki rasa asam dan manis, kelompok buah beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat penurun tekanan darah alami. Dilansir dari Hello Sehat, manfaat tersebut berasal dari antioksidan kuat bernama flavonoid yang terkandung di dalam kelompok buah-buahan ini. Menurut sebuah studi, pola makan tinggi flavonoid juga dapat mengurangi risiko stroke dengan cara menurunkan tekanan darah dan melindungi jaringan endotel pembuluh darah.


Buah Bit 

Source: Pinterest

Pada penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Nutrition, seseorang dengan tekanan darah sistolik di atas 145 mmHg yang minum buah bit sebanyak 70–250 ml bisa mengalami penurunan tekanan darah hingga 7,69 mmHg. Manfaat tersebut didapatkan dari kandungan nitrat dalam buah bit. Saat masuk ke dalam tubuh, zat nitrat akan berubah menjadi nitrat oksida (NO) yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah.


Buah Delima

Story pin image

Source: Pinterest

Selain buah beri, bit dan kiwi, buah delima merupakan buah yang mampu menurunkan tensi darah Anda. Mengonsumsi 500 ml jus delima setiap hari selama satu minggu bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Buah delima juga dapat menjaga kesehatan jantung dengan cara mencegah penumpukan plak kolesterol jahat. Manfaat tersebut berasal dari kandungan kalium dan polifenol dalam buah delima.


Itulah beberapa rekomendasi buah-buahan yang bagus Anda konsumsi saat mengalami tekanan darah tinggi. Selamat mencoba!


Comment

Similar Post You May Like