Yuk Intip Sederet Manfaat Tepung Kanji, Si Tepung Paling Unggul!

Wpfreeware 2022-03-05 07:58:04 health


Source: Pinterest.id


Anda yang hobi memasak mungkin sudah tidak asing lagi dengan tepung kanji. Selain serbaguna, tepung berbahan baku singkong ini nyatanya memang bermanfaat. Bahkan, beberapa orang rutin minum tepung kanji mentah terlepas dari risiko efek samping yang mungkin muncul.


Beberapa makanan dan jajanan khas sunda pun melekat dengan tepung yang satu ini, beberapa diantaranya cimol, cilok, cireng, cibay, cilung, dan masih banyak lagi. Karena sifatnya kenyal dan lengket, tepung kanji biasanya menjadi bahan pengikat atau pengental dalam berbagai jenis makanan. Karena sifatnya, banyak orang menggunakannya sebagai obat alami untuk maag dan penyakit asam lambung.


Tepung kanji pada dasarnya memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Berkat manfaatnya tersebut, beberapa orang bahkan meyakini bahwa tepung kanji lebih baik dari terigu maupun tepung-tepung gandum pada umumnya. Dari segi kandungan gizi, tepung kanji sangat kaya akan karbohidrat dalam bentuk pati.


Sekitar 88% kandungan tepung kanji terdiri atas karbohidrat, sedangkan sisanya adalah protein, lemak, serat, serta vitamin dan mineral. Sayangnya meski dianggap paling unggul, kandungan gizi tepung kanji terbilang kecil sehingga kalah unggul dari jenis tepung yang lain. Untuk lebih jelas lagi, yuk Sobat Glamours intip deretan manfaatnya!


Mudah Dicerna



Source: Pinterest.id

Tepung kanji merupakan bahan makanan yang “lembut” bagi lambung karena lebih mudah dicerna ketimbang tepung berbahan biji-bijian. Maka dari itu, tepung kanji cocok untuk orang-orang dengan gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus (IBS). Selain itu, tepung kanji juga dapat membuat lambung terhindar dari asam lambung dan penyakit maag.


Tidak Memicu Reaksi Alergi



Source: Pinterest.id

Tepung kanji tidak mengandung kacang dan biji-bijian sehingga cocok untuk orang yang alergi makanan. Untuk itu, tepung kanji bisa dijadikan alternatif makanan yang bisa dikonsumsi oleh setiap orang dengan konsumsi yang secukupnya. Meski begitu, terlalu banyak makan tepung kanji mungkin bisa menimbulkan efek tidak nyaman. Jadi, jangan mengkonsumsinya secara berlebihan.


Menambah Asupan Kalsium



Source: Pinterest.id

Kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Meski nilai gizinya kecil, tepung kanji bisa membantu menambah asupan kalium Anda. Sebagai gambaran, tujuh sendok makan tepung kanji mengandung sekitar 56 mg kalsium. Namun tetap hal ini tidak dapat dijadikan acuan untuk mengkonsumsi tepung kanji sebagai sumber asupan kalsium yang stabil.


Membantu Menstabilkan Gula Darah



Source: Pinterest.id

Efek satu ini bisa langsung Anda rasakan setelah makan tepung kanji mentah. Tepung kanji mengandung pati resisten, yakni karbohidrat yang tidak bisa dicerna usus. Karena tidak dicerna, pati tidak akan berubah menjadi glukosa sehingga gula darah tetap stabil. Bahkan, sebuah studi dalam jurnal Advances in Nutrition menyebutkan bahwa pati resisten dari tepung kanji bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan beberapa penyakit kronis lain.

Comment

Similar Post You May Like