Alami Nyeri Suprapubik? Berikut Beragam Penyebabnya!

Wpfreeware 2024-06-12 04:30:06 hotnews

Source: Pinterest

Saat mengalami sakit perut biasanya kebanyakan orang susah untuk membedakan bahkan mengkategorikannya. Sobat Glamours siapa yang pernah merasakan nyeri pada area perut bagian bawah, tepatnya di atas tulang kemaluan? Kondisi ini disebut nyeri suprapubik dan bisa disebabkan oleh berbagai hal.


Pada umumnya penyakit ini timbul dikarenakan berbagai kondisi pada sistem kemih, reproduksi, atau pencernaan. Sedangkan untuk jenis nyeri yang muncul bisa terasa tajam, konstan, atau hilang-timbul. Jika dikategorikan berikut ini gejala umum yang biasa dirasakan oleh penderita suprapubik:


  • Nyeri atau rasa terbakar saat buang air kecil.
  • Sering buang air kecil.
  • Nyeri saat berhubungan seksual.
  • Perubahan siklus menstruasi.
  • Terdapat darah dalam urine (hematuria).

21 Penyebab Sering Kencing, dari Ringan sampai Penyakit Serius - Hot  Liputan6.com

Source: Pinterest

Selain gejala, Anda perlu memahami beberapa penyebab dari rasa sakit ini. Berikut ini beberapa penyebab umum sering terjadi, yuk langsung intip selengkapnya!

  1. Infeksi saluran kemih (ISK). ISK ini terjadi ketika kandung kemih, uretra, atau ureter mengalami infeksi. Hal ini dapat terjadi pada pria atau wanita dan menyebabkan sakit pada perut bagian bawah.
  2. Kram menstruasi. Kram mens atau dismenore adalah nyeri yang terjadi di perut bagian bawah selama periode haid. Kondisi ini disebabkan oleh kontraksi rahim yang kuat untuk membantu meluruhkan lapisan rahim saat menstruasi.
  3. Endometriosis.Kondisi ini merupakan jaringan yang mirip dengan lapisan dalam rahim tumbuh di luar rahim. Hal ini menyebabkan nyeri panggul kronis termasuk di daerah suprapubik.Gejala lainnya yaitu berupa munculnya bercak diantara siklus menstruasi, perdarahan menstruasi yang sangat banyak, dan sakit saat berhubungan seksual.
  4. Radang usus buntu. Radang usus buntu merupakan peradangan pada usus buntu (apendiks). Gejala yang muncul berupa nyeri pada atas tulang kemaluan atau nyeri suprapubik, mual, muntah, sembelit, pembengkakan perut, dan demam ringan.
  5. Kehamilan. Hal ini paling sering dialami, namun biasanya tidak disadari sehingga menyebabkan nyeri panggul dan suprapubik saat rahim dan jaringan di sekitarnya tumbuh. Jika nyeri yang muncul di akhir masa kehamilan bisa berarti tanda akan melahirkan.


Itulah beberapa penyebab yang bisa membuat Anda merasakan sakit atau nyeri Suprapubik. Jika hal ini berkelanjutan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Jaga kesehatan selalu ya Sobat Glamours!

Comment

Similar Post You May Like