Kenali Physical dan Chemical Sunscreen, Mana Yang Cocok Untuk Anda?

Wpfreeware 2024-06-06 12:07:19 Fashion&beauty

Source: Pinterest

Sobat Glamours pernah merasa tidak cocok dengan sunscreen? Atau bahkan menjadi breakout saat mengenakannya? Jangan-jangan hal tersebut dikarenakan Anda tidak cocok atau bahkan salah dalam menggunakan sunscreen. Pasalnya sunscreen itu terbagi menjadi dua jenis, yaitu Physical Sunscreen dan Chemical Sunscreen.

Meski terlihat sama namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda, untuk lebih paham dan mengenalinya berikut ini pengenalan singkat Physical dan Chemical sunscreen untuk mempermudah Sobat Glamours dalam memilih yang tepat!


Physical Sunscreen

Source: Pinterest

Yang pertama merupakan physical sunscreen atau juga dikenal dengan sunblock. Physical sunscreen dapat melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB, serta aman digunakan pada bayi dan ibu hamil. Selain itu, physical sunscreen juga memiliki ciri-ciri yang khas sehingga mudah dikenali oleh banyak orang. Ciri-ciri tersebut adalah: 


  • Memiliki tekstur padat, kental dan cenderung lengket di kulit 
  • Langsung aktif bekerja melindungi kulit setelah diaplikasikan pada kulit 
  • Meninggalkan whitecast pada kulit, namun tidak menyumbat pori-pori 


Physical sunscreen juga memiliki kandungan UV filter titanium dioxide atau zinc oxide yang baik. Cara kerjanya adalah membangun lapisan di atas permukaan kulit untuk menghalangi sinar UV agar tidak dapat menembus kulit. Nah, itu dia beberapa ciri-ciri dari physical sunscreen yang bisa Sobat Glamours ketahui. 


Chemical Sunscreen

Source: Pinterest

Jika physical sunscreen memiliki nama lain yaitu sunblock, chemical sunscreen lebih sering disebut sebagai ‘sunscreen’ saja. Tidak hanya nama yang berbeda, ciri khas yang dimiliki oleh chemical sunscreen pun berbeda dengan physical sunscreen. Berikut ciri-ciri dari chemical sunscreen yang perlu kamu ketahui: 


  • Memiliki tekstur yang ringan dan mudah menyerap di kulit 
  • Baru aktif bekerja setelah 20-30 menit diaplikasikan pada kulit 
  • Tidak meninggalkan whitecast, namun rentan menyumbat pori yang dapat menyebabkan masalah kulit seperti minyak berlebih, jerawat, dan komedo 


Bisa dilihat, chemical sunscreen memiliki sifat yang bertolak belakang dengan physical sunscreen. Hal ini dikarenakan kedua jenis sunscreen ini diformulasikan dengan kandungan yang berbeda. Dalam konsistensi yang dimiliki chemical ini lebih cair dibandingkan dengan physical sunscreen sehingga akan cepat menyerap ke dalam kulit. Setelah menyerap, chemical sunscreen akan bekerja sebagai penyaring sinar UV sehingga mampu menghalangi sinar UV untuk mencapai ke lapisan kulit yang lebih dalam.


Itulah beberapa perkenalan, juga manfaat singkat terhadap Physical dan Chemical Sunscreen. Sobat Glamours sudah menentukan akan memilih sunscreen yang mana?


Comment

Similar Post You May Like