Tips Membuat Nasi Merah Pulen dan Enak! Yuk Kepoin Langsung!

Wpfreeware 2024-07-25 09:55:40 resep

Nasi merah kini menjadi salah satu makanan sehat yang dipilih oleh banyak orang. Sobat Glamour bisa menjadikan nasi ini sebagai program diet karena manfaatnya yang melimpah. Beberapa diantaranya adalah menjaga gula darah tetap stabil, menjaga kesehatan saluran pencernaan, hingga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 


Meski demikian, memasak dan mengolah nasi merah sendiri sedikit tricky dan harus hati hati. Hal tersebut dikarenakan teksturnya yang lebih keras dibandingkan nasi putih sehingga bisa menjadi tantangan tersendiri dalam memasaknya. Bahkan jika tidak dimasak dengan tepat dan penuh perhatian, bisa-bisa rasa dari nasi merah akan menjadi kurang enak dan pulen. 

Source: Pinterest

Nah, buat Sobat Glamours yang masih bingung dengan cara memasak nasi merah yang benar, beberapa tips dan trik ini akan bisa membantu Anda untuk mendapatkan tekstur yang pulen dan nasi yang enak. Berikut adalah empat tips untuk memasak nasi merah yang mudah dan cepat. Yuk simak selengkapnya disini!

Source: Pinterest

  1. Merendam nasi merah. Agar rasa yang dihasilkan nasi merah lebih enak dan pulen, cobalah untuk merendamnya selama 30 menit hingga 1 jam sebelum dimasak. Merendam beras merah membantu melunakkan butirannya sehingga lebih mudah dimasak.
  2. Gunakan perbandingan yang tepat. Gunakan perbandingan air yang lebih banyak dibandingkan nasi putih. Faktanya, beras merah membutuhkan lebih banyak air untuk menjadi pulen. Perbandingan yang umum adalah 1 bagian beras merah: 2,5 bagian air. Lalu, suaikan jumlah air berdasaka dengan preferensi kekerasan nasi yang diinginkan.
  3. Memasak nasi merah dengan slow cooker atau rice cooker. Memasak dengan metode tersebut dapat membantu mendapatkan hasil yang lebih pulen. Alat-alat ini memastikan nasi merah dimasak dengan suhu yang stabil dan waktu yang cukup, sehingga butiran nasi bisa matang merata. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan alat yang kamu gunakan.
  4. Diamkan nasi merah selama 10-15 menit setelah matang sebelum disajikan. Setelah alat memasak berhenti, biarkan nasi dalam kondisi tertutup selama beberapa menit. Proses ini membantu uap air menyebar merata ke seluruh butiran nasi, membuatnya lebih lembut dan pulen.


Nah itu dia beberapa tips dan trik untuk memasak nasi merah dengan benar. Bagaimana Sobat Glamours tertarik untuk mencoba memasak nasi merah? Selamat mencoba!

Comment

Similar Post You May Like