Pentingnya Screening Kesehatan Mental, Yuk Mulai Lakukan!

Wpfreeware 2024-05-20 06:10:34 hotnews

Source: Pinterest

Screening kesehatan tidak hanya dianjurkan untuk tubuh, namun mental juga perlu dilakukan dengan cara berkala. Kebanyakan orang beranggapan bahwa skrining kesehatan mental cukup dilakukan ketika seseorang mulai mengalami gejala gangguan mental. Namun ternyata hal tersebut kurang tepat, pasalnya screening awal kesehatan mental adalah mendeteksi sedini mungkin sekaligus mengetahui risiko Sobat Glamours untuk mengalami gangguan mental.


Setiap orang berhak menjalani skrining kesehatan jiwa sedini mungkin. Terlebih, beberapa gejala gangguan mental pada tahap awal sering kali tidak spesifik. Mengutip dari Healthline, terdapat beberapa kondisi yang perlu untuk melakukan screening kesehatan jiwa, berikut ini diantaranya:


  • Makan atau tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit.
  • Menarik diri dari orang-orang terdekat Anda dan aktivitas sehari-hari.
  • Mudah lelah, bahkan saat tidak melakukan apa-apa.
  • Punya riwayat keluarga dengan gangguan mental.
  • Sulit berkonsentrasi.
  • Timbul perasaan putus asa atau tidak berdaya.
  • Mudah bingung, lupa, gugup, marah, cemas, atau takut.
  • Timbul pikiran atau kenangan buruk yang tidak bisa disingkirkan.
  • Mendengar suara yang tidak didengar oleh orang lain.
  • Berpikir untuk menyakiti atau membunuh diri sendiri atau orang lain.

Macam-Macam Tes Mental Health untuk Deteksi Dini, Ketahui Proses dan  Kondisi yang Diuji - Hot Liputan6.com

Source: Pinterest

Jika Sobat Glamours mengalami seluruh atau beberapa kondisi tersebut, sebaiknya langsung lakukan screening kesehatan jiwa. Tahap awal pemeriksaan kesehatan mental biasanya dilakukan dengan tanya-jawab seputar kondisi emosional Anda, termasuk nafsu makan, pola tidur, dan pengalaman buruk dalam hidup.


Selain itu, dokter atau psikolog biasanya juga bertanya tentang riwayat penggunaan obat-obatan dan kebiasaan Anda sehari-hari. Selanjutnya Anda akan di tes dengan beberapa pertanyaan lanjutan untuk menentukan diagnosa. Meski terlihat sepele screening kesehatan mental ini akan sangat berpengaruh, jadi pastikan Anda melakukannya!


Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan untuk deteksi awal, yaitu pergi ke dokter psikologi dan menjalani beberapa tes. Selain itu seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini Anda bisa mencoba skrining kesehatan mental secara mandiri dan gratis melalui berbagai website. Dalam skrining online, Anda akan diminta menjawab sejumlah pertanyaan. Setelah menjawab seluruh pertanyaan, Anda akan mendapatkan hasil seputar kondisi mental Anda. Selamat mencoba!


Comment

Similar Post You May Like