Yuk Memulai Berbisnis Dengan Berbagai Langkah Berikut!

Wpfreeware 2023-09-21 11:00:00 hotnews

Kita semua tahu bahwasannya kini lapangan pekerjaan sulit didapatkan melihat jumlah angkatan kerja yang meningkat. Terkadang juga mereka yang sudah memiliki pekerjaan kerap merasa jenuh ataupun merasa dirinya kurang cocok dengan pekerjaan yang sedang dijalani. Lalu mengapa tidak kita saja yang membuka lapangan pekerjaan? Bisnis dapat kita bangun, tanpa perlu melihat usia seseorang. Terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum kita memulai berbisnis nih. Berikut beberapa tips yang dibagikan oleh Rifki, Tommy, Mirsha, dan Keyza selaku pebisnis muda serta owner dari Monday Coffee.


1.      Apa saja sih hal yang perlu dipersiapkan?

Source: Pinterest

            Tentukan branding sebuah produk yang akan ditawarkan kepada pasar. Branding menjadi salah satu kunci yang perlu dicari sebelum bisnis dimulai. Branding akan berpengaruh pada identitas sebuah bisnis, semakin kuat identitasnya maka masyarakat akan mengenal sebuah bisnis dengan baik. Selain sebuah branding, seorang calon pebisnis perlu menemukan midnsetnya. Maksudnya ialah sebuah bisnis yang akan dibangun akan dibawa ke arah mana. Hal-hal tersebut akan memudahkan mempersiapkan kebutuhan apa saja dan standar bisnis seperti apa yang akan diterapkan. Jika mental seorang pebisnis belum yakin secara sepenuhnya, maka tantangan berbisnis akan bertambah.


            Hal yang disebutkan diatas lebih ditekankan pada pribadi seorang calon pebisnis. Jika Sobat Glamours sudah mendapatkan jawaban atas hal-hal diatas, bisa dilanjut persiapkan hal-hal berikut ya. Tim, Sobat Glamours pasti akan membutuhkan tim-tim yang akan membantu menjalankan bisnis kalian. Tim yang dibentuk akan mempersiapkan taktik agar kualitas produk yang ditawarkan selaras dengan branding yang diusung. Tim yang dibentuk juga akan membantu Sobat dalam melihat supply and demand serta melihat celah dan peluang dalam berbisnis. Tentu jangan sampai lupa untuk membuat tim dan lingkungan kerja yang nyaman ya, Sob.


2.      Kalau bisnis sudah berjalan, bagaimana agar bertahan?

Source: Pinterest

            Salah satu kunci penting dalam mempertahankan bisnis ialah inovasi. Tentu sebelum menciptakan sebuah inovasi seorang pebisnis perlu melakukan research. Dalam proses research ini baiknya menjadi fleksibel, terima setiap masukan guna jadi bahan pertimbangan. Sobat Glamours juga bisa menciptakan inovasi dari hasil pikiran anggota tim. Terkadang inovasi dapat ditemukan saat kita mampu melihat lingkungan terdekat. Dari inovasi ini lah bisnis Sobat Glamours dapat menjadi head of the game dari bisnis-bisnis yang lain.


            Ada pula hal-hal yang terkadang terlupakan. Menjaga kerapihan dan kenyamanan tempat usaha akan menjadi nilai tambahan. Keramahan pelaku bisnis juga pening, lho. Salah satu alasan konsumen percaya dan berulang kali percaya terhadap suatu bisnis ialah rasa nyaman yang diberikan oleh para pelaku usaha.


            Tetnu bisnis tidak semudah ucapan. Tentunya akan ada berbagai macam rintangan dan halangan sepanjang bisnis berjalan. Semua larangan yang mungkin terjadi dapat diminimalisir dengan hal-hal diatas. Selain itu juga jangan takut untuk membangun relasi terlebih dahulu. Jalani bisnis dengan ikhlas. Jangan takut belajar dan jangan takut gagal, do what you want. Coba dan belajar.

Comment

Similar Post You May Like