Bantu Capai Keseimbagan Pola Makan Dengan Diet Yin dan Yang

Wpfreeware 2023-06-24 13:00:00 health

Berbicara tentang diet dan berat badan pasti tidak ada habisnya, banyak sekali tips diet sehat dan instan yang bisa Sobat Glamours lakukan. Kali ini Anda akan dikenalkan dengan salah satu diet yang berasal dari Negara Cina, ya diet Yin dan Yang. Diet ini berasal dari filosofi yang digadang-gadang mampu capai keseimbangan pola makan Anda. Fokus diet ini untuk menentukan makanan yang harus dikonsumsi sesuai dengan tipe tubuh.


Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini, yuk Sobat Glamours!


Perbedaan Tubuh Yin dan Yang

Source: Pinterest

Pada dasarnya diet ini dibedakan berdasarkan tipe tubuh Yin dan Yang. Dilansir dari Green Matters tipe tubuh Yin ditandai dengan ukuran yang lebih kecil, kulit lebih pucat, tidak banyak berkeringat, mudah haus, mudah merasa kedinginan, dan rawan akan depresi. Sedangkan tipe tubuh Yang ditandai dengan tubuh kuat, kokoh, mudah berkeringat dan energik. Tubuh tersebut lebih tahan di cuaca dingin dan saat cuaca menjadi lebih panas, dan mudah jengkel dan merasa frustasi.


Makanan Tubuh Yin


Source: Pinterest

Untuk menentukan diet yang tepat, Anda perlu mengetahui macam-macam makanan yang cocok untuk tipe tubuh Yin. Utamakanlah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan air, dan bisa mendinginkan tubuh. Seperti sayur-sayuran dan buah. Beberapa diantaranya tauge, pakcoy, brokoli, kubis, kembang kol, seledri, buncis, timun, daun bawang, selada, kale, jamur, rumput laut, kedelai, bayam dan lobak.


Untuk buah-buahan yang bisa dikonsumsi, yaitu apel, pisang, anggur, blewah, pir dan semangka. Adapun makanan tambahan lainnya seperti air, tahu, madu, dan yogurt. Pastikan juga untuk mengkonsumsi dalam jumlah yang tepat namun teratur saat melakukan diet ini.


Makanan Tubuh Yang

Source: Pinterest

Kebalikan dari yin, pemilik tubuh “yang” dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lebih hangat dan harus dimasak dengan api. Untuk buah dan sayuran yaitu aprikot, cabai, paprika, kacang-kacangan, labu, dan ubi. Lalu, daging dan ikan seperti, daging sapi, domba, ayam, kambing, ikan salmon, sarden, dan kerang. Makanan lainnya yang dianjurkan dikonsumsi seperti kafein, kayu manis, telur, masakan bertepung, bawang putih, jahe, dan gandum.


Selain kedua makanan yang telah dimention sebelumnya, terdapat jenis makanan netral yang bisa dikonsumsi oleh kedua tubuh Yin dan Yang. Gimana Sobat Glamours tertarik untuk melakukan diet Yin dan Yang tersebut?


Comment

Similar Post You May Like