Sering Merasa Lapar? Kenali Penyebabnya!

Wpfreeware 2021-08-26 04:45:30 health

Sudah makan tapi rasa lapar kembali muncul dalam waktu yang singkat? Ini bisa jadi bukan karena tubuh Anda butuh makan namun disebabkan oleh hal lain. Merasa lapar terus-menerus dapat terjadi karena pola makan atau pola hidup yang dijalani. Berikut beberapa penyebab seringkali merasa lapar!


Dehidrasi


Seringkali rasa haus dan lapar sulit dibedakan, rasa haus dapat disalah artikan menjadi rasa lapar. Anda kemudian bukannya mencari air malah mencari makan, padahal tubuh sedang kekurangan cairan. Ini terjadi karena bagian otak yang mengatur nafsu makan dan haus kebingungan, untuk mengantisipasinya pastikan Anda minum air yang cukup. 


Stress


Ketika tubuh tegang, tubuh akan meningkatkan produksi hormon stres adrenalin dan kortisol. Hormon inilah yang bisa meningkat dan bisa menipu sistem pada tubuh sehingga Anda berpikir membutuhkan energi. Kondisi ini membuat nafsu makan meningkat. Selain itu, stres akan mengurangi kadar serotonin kimia otak sehingga memicu lapar saat sedang tidak tidur. 


Kurang tidur


Untuk mengendalikan nafsu makan, istirahat yang cukup menjadi faktor yang paling penting. Ini karena berkaitan dengan kemampuan otak mengatur hormon ghrelin, yaitu hormon yang dapat merangsang nafsu makan. Ketika tubuh kurang tidur, akan meningkatkan hormon tersebut sehingga Anda akan lebih sering merasa lapar. 


Terlalu banyak karbohidrat


Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat olahan tepung seperti pasta, roti, gorengan dan lainnya dapat menyebabkan lonjakan gula darah dengan cepat. Ini bisa menyebabkan peningkatan kadar insulin, yaitu hormon yang bertugas untuk mengangkut gula ke dalam sel. 


Saat insulin dilepaskan sebagai bentuk respons dari gula darah yang tinggi, Anda akan kehilangan gula darah dengan cepat. Kondisi inilah yang memberi sinyal jika tubuh merasa butuh lebih banyak makan sehingga Anda merasa sering lapar. 

Comment

Similar Post You May Like