Udara Di Bandung Dingin Banget! Inilah Penyebabnya Menurut BMKG

Wpfreeware 2024-07-15 04:10:58 hotnews

Baru-baru ini udara di wilayah Bandung dan sekitarnya berubah menjadi dingin, hal ini merupakan hal yang tidak biasa karena suhu yang didapat bisa mencapai 16 derajat celcius. Setelah ditelusuri oleh pihak BMKG, suhu yang baru-baru ini berpindah dari panas menjadi dingin disebabkan oleh dampak musim kemarau.


Dikutip langsung dari BMKG, Kepala BMKG Stasiun Bandung Teguh Rahayu mengatakan untuk di Bandung Raya terdapat beberapa pengaruh lokal yang kurang mendukung potensi pertumbuhan awan konvektif yakni kelembapan udara pada lapisan 850 mb dan 700 mb wilayah Bandung Raya yaitu 50-88 %.

Cuaca di Bandung Semakin Dingin Benarkah Akibat Fenomena Aphelion? - Bisnis  Bandung

Source: Google Image

"Analisis streamline menunjukkan wilayah Bandung Raya arah didominasi angin timuran atau monsun Australia yang membawa massa udara dingin dan kering, sehingga suhu di pagi hari dingin dan di siang hari panas dan di sore-malam hari masih berpotensi hujan," paparnya.


Suhu minimum di Bandung Raya di antara 16 -20 °C sedangkan suhu maksimum di Bandung Raya di antara 29-30°C. Suhu udara dingin pada malam hari, dini hari, pagi hari dalam beberapa hari ini merupakan fenomena alamiah yang umum terjadi ketika masa puncak musim kemarau pada Juli-Agustus.

Mengenal Fenomena Bediding, Penyebab Cuaca Dingin Akhir-Akhir Ini -  Klobility.ID

Source: Google Image

Menurut BMKG perubahan suhu kerap terjadi saat musim kemarau. Pada siang hari, terik sinar matahari maksimal karena tidak ada tutupan awan, akibatnya permukaan bumi menerima radiasi yang maksimal, di malam hari karena tidak ada awan maka pada malam hari dan dini hari radiasi yang disimpan akan maksimal dilepaskan.


"Kondisi ini menyebabkan permukaan bumi mendingin dengan cepat dan berdampak pada udara dingin di malam hari, dini hari dan pagi hari. Penyebab lain adalah karena angin monsun Australia yang membawa udara dingin dan kering. Fenomena suhu dingin ini secara empiris akan berlangsung hingga Agustus 2024," tutup Teguh Rahayu.


Saat terjadi perpindahan suhu yang ekstrem dan tiba-tiba Sobat Glamours harus tetap menjaga kesehatan tubuh dan memperkuat imun tubuh ya! Stay safe semuanya. 

Comment

Similar Post You May Like