Bagaimana Memilih Hewan Kurban Yang Bagus? Yuk Intip Langsung Tips Berikut!

Wpfreeware 2024-06-05 03:09:20 hotnews

Source: Pinterest

Menjelang Idul Adha pastinya banyak umat muslim yang berlomba bersedekah dengan berkurban. Selain ibadah yang dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah dimana tahun ini bertepatan dengan 17 Juni 2024, sebagian besar orang mulai berburu hewan kurban terbaiknya.


Saat hendak berkurban, tidak ada salahnya melakukan persiapan dalam memilih hewan yang baik dan benar. Hal ini dimaksudkan agar hewan yang hendak kita kurbankan sehat dan sesuai dengan syariat yang telah ditetapkan. Selain itu, dalam berkurban dianjurkan agar memilih hewan terbaik agar memiliki manfaat yang baik pula.


Berikut ini merupakan tips untuk memilih hewan kurban yang baik dan sesuai syariat dengan mudah dan cepat, yuk langsung intip di bawah ini!


Hewan Ternak

Mengenal Kurban, Ibadah Penyembelihan Hewan yang Dianjurkan - Bank Mega  Syariah

Source: Pinterest

Saat memilih hewan kurban, Sobat Glamours perlu memahami bahwa hewan yang dipilih merupakan hewan ternak. Hewan ternak yang diperbolehkan adalah unta, kambing, domba, sapi, kerbau. Tentunya semua hewan ini sudah memenuhi ketentuan sebagai hewan ternak yang sehat dan layak.


Umur Hewan Kurban

5 Tips Cara Memilih Hewan Kurban yang Baik Ala BAZNAS - UIN Sunan Gunung  Djati Bandung

Source: Pinterest

Selain hewan ternak, umur hewan juga merupakan hal terpenting dari syariat. Jika Anda ingin berkurban kambing atau domba, umur yang disyaratkan memenuhi kriteria kurban adalah yang minimal berumur 1 tahun. Kemudian, jika Anda ingin berkurban sapi atau kerbau, maka umur yang masuk kriteria kurban adalah 2 tahun. Untuk mengetahuinya Anda bisa bertanya kepada pemilik atau menghitung dan melihat dari giginya.


Hewan Kurban Sehat dan Tidak Cacat

Kandungan Gizi Daging Unta, Hewan Kurban di Timur Tengah

Source: Pinterest

Hewan kurban harus dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit, mulai dari penyakit ringan hingga berat. Tidak juga dalam kondisi cacat seperti buta atau pincang dan kecacatan lainnya. Hal tersebut sangat penting karena jika ada kecacatan daging hewan tersebut tidak tergolong hewan kurban. Kondisi fisiknya juga harus gemuk dan juga sehat. Anda bisa menanyakan tentang Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai acuan kesehatan hewan tersebut.


Itulah beberapa tips memilih hewan kurban yang baik dan benar yang juga sesuai dengan syariat yang telah ditentukan.


Comment

Similar Post You May Like