Lakukan Decluttering Dengan Tips Berikut Ini! Yuk Terapkan Hidup Minimalis!

Wpfreeware 2023-11-24 05:16:00 hotnews

Pernahkah Sobat Glamours merasa rumah dan kamar selalu berantakan? Bahkan setelah beres-beres dan membersihkan segala hal? Bisa jadi karena Anda menyimpan beberapa benda yang tidak terlalu dibutuhkan. Anda bisa menerapkan Decluttering, Decluttering sendiri adalah upaya untuk menyingkirkan barang-barang tidak terpakai di rumah. Tidak berarti membuang seluruh barang yang terlihat berantakan, decluttering artinya menyortir dan memilah barang agar rumah tampak lebih rapi serta teratur.


Selain itu, tidak semua barang sortiran harus dibuang, sebab patutnya barang yang masih layak pakai diberikan saja kepada orang lain. Dengan begitu kita dapat memberikan manfaat sekaligus untuk Anda. Rumah karena decluttering berasal dari pembersihan barang-barang seperti baju, perabot rumah tangga, serta koleksi barang pribadi.


Decluttering ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan mental loh! Seperti menghilangkan stres, mengalihkan pikiran dari hal negatif, dan pastinya membuat area rumah lebih rapi dan bersih. Yuk Sobat Glamours langsung intip tips decluttering yang benar berikut ini!


Memilah dan Mengeliminasi

Source: Pinterest

Hal yang pertama harus dilakukan saat melakukan decluttering adalah memilah dan mengeliminasi barang barang yang masih dipakai, barang yang akan dibuang, barang yang akan di donasikan dan barang yang akan dipakai di masa mendatang. Karenanya Sobat Glamours perlu menyiapkan tempat box untuk memisahkannya.


Metode memilah dan mengeliminasi empat kotak dapat dikatakan relatif mudah untuk dilakukan karena terdapat alat bantu dengan kategori pilihan sortiran yang luas. Sehingga barang-barang tidak terpakai akan memiliki tempatnya masing-masing secara jelas.



Harus Dilakukan Dengan Bijak

Source: Pinterest

Kebanyakan orang masih bingung dengan konsep pembuangan sampah pada decluttering. Barang yang sudah tidak dipakai dan akan dibuang yang dikategorikan sampah. Alangkah lebih baiknya Anda me-recycle sampah tersebut, cari dan tentukan lembaga yang mampu mengelola sampah Anda dengan bijak.


Menerapkan Hidup Minimalis

Source: Pinterest

Setelah melakukan decluttering Anda perlu membatasi membeli barang yang berpotensi menumpuk dan tidak terpakai. Sejatinya metode ini akan menjadi skill yang harus dilatih agar mendapatkan hasil yang konsisten. Karena penerapan hidup minimalis akan terus berlanjut dengan melakukan decluttering secara berkala. Sobat Glamours yang tertarik, bisa langsung memulainya dari sekarang! Selamat mencoba!


Comment

Similar Post You May Like