Tidak Hanya Keluarkan Keringat, Sauna Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan!

Wpfreeware 2023-10-02 13:17:38 health

Sauna sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu dan hingga hari ini masih tetap populer. Dilansir dari Hello.Sehat sauna sendiri merupakan sebuah ruangan untuk mandi uap yang dipanaskan dengan suhu tinggi di antara 70 – 100 ºCelsius. Berkat suhu yang tinggi ini, mandi uap dapat menaikkan suhu tubuh Anda hingga mencapai 40º Celsius.


Sauna memiliki tujuan utama untuk melebarkan pembuluh darah dan membuat sirkulasi darah mengalir lancar, hasilnya tubuh Anda akan berkeringat lebih banyak sehingga mampu membuat Anda menjadi lebih rileks. Namun ternyata tidak hanya itu saja manfaat dari sauna ini terlebih dari segi kesehatan. Sobat Glamours yang penasaran yuk langsung intip berbagai manfaat sauna berikut ini!


Menurunkan Tekanan Darah

11 Ciri-ciri Darah Tinggi Naik yang Perlu Diwaspadai Halaman all -  Kompas.com

Source: Google Image

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Of Human Hypertension menunjukkan bahwa mandi uap selama 30 menit dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik (angka atas) dan tekanan darah diastolik (angka bawah). Hal ini terjadi karena suhu panas yang dihasilkan ketika mandi uap dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga memperlancar sirkulasi darah.


Menghilangkan Stress

Source: Google Image

Selain menurunkan tekanan darah, sauna juga mampu menghilangkan stress. Suhu ruang yang hangat dan suasana tenang dapat membuat Anda lebih rileks dan nyaman. Bahkan, mandi uap dapat memberikan efek relaksasi pada pasien dengan depresi.Pasalnya, segala hal yang membuat jiwa dan pikiran Anda lebih tenang dan damai akan memberikan efek positif pada kesehatan mental Anda.


Membersihkan Racun Dalam Tubuh

Cara Detoksifikasi Tubuh Secara Alami

Source: Google Image

Manfaat sauna selanjutnya yaitu dapat membersihkan racun dalam tubuh. Sauna memicu tubuh untuk berkeringat sehingga tubuh dapat mengeluarkan racun, seperti logam berat, zat kimia, dan produk limbah. Hal ini didukung dalam penelitian yang dikutip dari jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. Penelitian tersebut mengatakan bahwa orang yang melakukan sauna 4 jam per hari lebih memiliki kualitas hidup yang baik, seperti jam tidur cukup, dan tidak mudah sakit.


Itulah beberapa manfaat sauna untuk kesehatan tubuh Anda. Sobat Glamours tertarik untuk mencoba sauna dan dapatkan manfaatnya?


Comment

Similar Post You May Like