Tips Dapur: Cara Mengolah Daging Sapi Yang Baik dan Benar!

Wpfreeware 2024-08-20 08:03:40 resep

Source: Pinterest

Sobat Glamours sudahkah mengolah daging merah dengan cara yang benar? Biasanya kebanyakan orang tidak tahu cara menyimpan dan mengolah daging sapi yang baik. Dalam daging sapi mentah mengandung beraneka ragam bakteri di dalamnya, seperti E. coli, Salmonella, dan Listeria. Infeksi bakteri ini bisa menyebabkan keluhan, seperti diare, muntah, mual, hingga kram perut. Untuk itulah, penting mengetahui cara mengolah daging sapi mulai dari mempersiapkan hingga memasaknya.


Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan dalam mengolah daging sapi yang benar. Yuk langsung intip selengkapnya disini!


Simpan Daging Sapi Dengan Benar

Source: Pinterest

Daging yang dibeli di pasar dan supermarket biasanya tidak disimpan di lingkungan yang steril. Oleh karena itu, segera simpan daging di dalam kulkas. Masukkan daging ke dalam kantong plastik atau wadah yang tertutup rapat. Apabila Anda akan memasak daging tersebut dalam waktu 2 – 3 hari, simpan di bagian bawah kulkas. Namun, jika Anda berencana menyimpan daging dalam waktu lama, letakkan daging di dalam freezer. Ketahanan daging mentah saat disimpan di dalam freezer adalah sekitar 3 – 4 bulan.


Hindari Defrost Dalam Suhu Ruang

Source: Pinterest

Saat mencairkan atau defrost daging, sebaiknya jangan dilakukan dalam suhu ruang. Ketika daging dibiarkan pada suhu ruangan, tepatnya di antara 4 – 60 °C, daging akan menjadi sarang perkembangbiakan bakteri. Anda dapat mencairkan daging beku dengan cara memasukkan ke dalam kulkas bawah, air dingin, atau menggunakan microwave. Dengan ini, bakteri tidak akan berkembang biak di dalam daging secara cepat.


Gunakan Suhu Tepat

Source: Pinterest

Saat Memasak Daging, Anda perlu memasukan suhu yang digunakan dengan tepat. Suhu yang tepat akan mengunci daging hingga matang sempurna. Rasa yang dimiliki juga akan semakin lezat juga sehat. Cara yang paling aman adalah dengan menggunakan termometer makanan. Termometer makanan dapat Anda tusuk ke dalam daging saat daging tengah dimasak. Kebanyakan bakteri sudah mati saat suhu di bagian dalam daging mencapai  62 – 82 °Celcius.


Pilih Memasak Daging dengan Cara Yang Sehat

Source: Pinterest

Cara memasak daging sapi yang benar selanjutnya yaitu dengan memasak daging dengan cara yang sehat. Sebaiknya daging dipanggang, ditumis, direbus, atau dikukus. Hindari menggoreng daging dalam minyak karena bisa menambah kalori dan lemak jenuh dalam hidangan. Pilih juga bagian daging yang tidak banyak mengandung lemak.


Nah itulah beberapa tips dalam mengolah daging yang baik dan benar. Selamat mencoba Sobat Glamoours!


Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner