Clodi Bayi, Diapers Ramah Lingkungan Yang Baik Untuk Kesehatan Buah Hati

Wpfreeware 2023-07-18 09:26:03 health

Source: Pinterest

Di antara banyaknya perlengkapan bayi yang perlu disiapkan untuk si Kecil, salah satu hal yang penting adalah popok bayi. Popok bayi memiliki berbagai jenis, salah satunya adalah clodi yang merupakan popok ramah lingkungan. Clodi tersebut merupakan singkatan dari cloth diapers atau popok bayi yang terbuat dari kain yang dapat dicuci dan digunakan berulang kali.


Meski terbuat dari kain, jenis popok bayi ini tidak seperti popok kain biasa. Clodi umumnya terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan luar dan dalam. Lapisan dalam popok umumnya dibuat terpisah atau dapat dilepas dan perlu dimasukkan ke dalam popok saat akan dipakai. Untuk lapisan dalam ini biasanya terbuat dari bahan katun, polyester (microfiber), atau bambu yang memiliki kemampuan untuk menyerap air, termasuk urine si Kecil. Sementara bagian luarnya terbuat dari bahan tahan air (waterproof) untuk mengurangi kemungkinan kebocoran.

Source: Pinterest

Sama seperti popok pada umumnya, clodi juga memiliki beberapa ukuran berdasarkan berat badan bayi. Popok kain ini bisa dipakai oleh bayi baru lahir (newborn) hingga balita (sekitar usia 1—2 tahun). Menggunakan popok sekali pakai memang terkenal dengan kepraktisannya. Namun, jika dibandingkan dengan popok sekali pakai, clodi bayi memiliki sejumlah manfaat atau kelebihan.

Berikut adalah berbagai kelebihan clodi bayi yang bisa Anda dan si Kecil rasakan.

  • Lebih ramah lingkungan
  • Lebih hemat
  • Lebih aman dan nyaman
  • Terhindar dari masalah kulit
  • Bermanfaat untuk potty training

Benarkah Memakai Clodi Lebih Baik Ketimbang Popok Biasa? - KlikDokter

Source: Pinterest

Meski memiliki keunggulan dan manfaat yang banyak, clodi juga memiliki kekurangan berikut beberapa kekurangan dari penggunaan clodi bayi:

  • Memiliki daya serap air yang lebih rendah. Artinya, Anda mungkin akan lebih sering untuk mengganti popok bayi Anda.
  • Lebih rentan mengalami kebocoran. Jadi, Anda mungkin membutuhkan alas tidur tahan air atau perlak bila popok ini digunakan saat bayi tidur.
  • Perlu dicuci, termasuk lapisan luar dan dalamnya, untuk digunakan kembali pada waktu berikutnya. Artinya, menggunakan clodi membutuhkan tenaga dan waktu ekstra untuk mencucinya.


Nah gimana nih Sobat Glamours? Tertarik menggunakan clodi untuk si kecil?


Comment

Similar Post You May Like