Beragam Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Wpfreeware 2022-10-02 13:00:00 health


Source: Pinterest

Di Indonesia, daun pandan kerap dimanfaatkan sebagai pewarna dan pewangi alami untuk berbagai jenis masakan. Selain itu, daun pandan juga sering dimasukkan ke dalam infused water dan bisa ditemukan dalam bentuk bubuk atau minyak esensial. Namun ternyata daun pandan juga memiliki manfaat untuk kesehatan loh Sobat Glamours! Karena didalamnya terdapat vitamin, mineral, dan antioksidan seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, dan karotenoid.


Yuk Sobat Glamours langsung saja intip manfaat daun pandan untuk kesehatan berikut ini!


Meredakan nyeri sendi

Source: Pinterest

Sejak dulu, minyak yang dibuat dari ekstrak daun pandan sudah dikenal dengan khasiatnya untuk meredakan nyeri sendi. Manfaat daun pandan ini dibuktikan oleh penelitian yang mengungkapkan bahwa daun pandan mengandung beragam senyawa aktif yang dipercaya mampu meredakan gejala nyeri sendi dan artritis.


Mencegah penyakit jantung

Source: Pinterest

Daun pandan mengandung senyawa karotenoid yang cukup tinggi. Senyawa ini berperan sebagai antioksidan yang mampu menurunkan risiko terjadinya penyempitan pembuluh darah jantung akibat penumpukan plak (aterosklerosis). Dengan begitu, Anda pun terhindar dari risiko penyakit jantung koroner.


Mengobati luka bakar ringan

Source: Pinterest

Kandungan asam tanat dalam daun pandan diketahui mampu mendinginkan luka bakar ringan dengan cepat, misalnya yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari berlebih.

Untuk memanfaatkan daun pandan sebagai obat luka bakar, Anda bisa mengeringkan dan menghaluskan daun pandan hingga menjadi bubuk, kemudian mengoleskannya pada kulit.


Menjaga fungsi penglihatan

Source: Pinterest

Vitamin A dan kandungan beta karoten di dalam daun pandan dapat meningkatkan kesehatan mata dan melindunginya dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh penuaan, misalnya degenerasi makula. Oleh itu jika Anda bosan dengan wortel, mengkonsumsi daun pandan menjadi alternatif alami lainnya!


Menjaga kesehatan kulit

Source: Pinterest

Kandungan beta karoten pada daun pandan juga mampu menjaga penampilan dan meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan ini dapat meningkatkan pertahanan kulit terhadap radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari penuaan dini hingga kanker kulit.


Itulah beberapa manfaat dari daun pandan untuk kesehatan. Daun pandan memang aman untuk penggunaan dan konsumsi sehari-hari. Namun, Anda tidak disarankan menggunakan daun ini sebagai satu-satunya metode pengobatan.


Comment

Similar Post You May Like