Batuk Tak Kunjung Reda? Gunakan Obat Herbal Berikut!

Wpfreeware 2022-07-13 13:00:00 health


Source: Pinterest

Saat daya tahan tubuh menurun, batuk merupakan salah satu penyakit yang mudah menyerang siapa saja. Batuk disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya bisa karena alergi, infeksi virus atau bakteri, asam lambung, atau menjadi gejala penyakit tertentu. Jika batuk tersebut cukup ringan kita hanya perlu mendoping tubuh kita dengan obat herbal alami.


Sobat Glamours juga perlu tahu, ada beberapa obat batuk alami yang bisa dibuat untuk mengatasi masalah pada tenggorokan dan batuk. Berikut beberapa obat batuk alami tersebut, simak dengan baik ya!


Teh dan Madu

Source: Pinterest

Salah satu obat batuk alami yang bisa dibuat di rumah adalah campuran teh dengan madu. Madu dipercaya dapat meredakan batuk, bahkan madu dapat memberikan bantuan yang paling signifikan saat batuk. Untuk membuat campuran teh dengan madu, campurkan dua sendok teh madu ke dalam teh hangat. Konsumsi minuman ini sekali atau dua kali dalam sehari. Kelak batuk yang terjadi dapat berangsur-angsur membaik.


Jahe

Source: Pinterest

Jahe juga termasuk salah satu obat batuk alami yang dapat meredakan batuk kering. Sebab, tanaman ini memiliki sifat anti inflamasi yang baik mengatasi batuk. Sebuah jurnal dari American Thoracic Society menyebut jika senyawa anti inflamasi dalam jahe mampu mengendurkan selaput di saluran udara, sehingga batuk berkurang. Untuk membuatnya, iris jahe segar sebanyak 20-40 gram ke dalam secangkir air panas. Biarkan selama beberapa menit sebelum dikonsumsi.


Jeruk Nipis

Source: Pinterest

Jeruk nipis mampu mengobati batuk, karena kandungannya obat herbal ini dilaporkan memiliki efek farmakologis berupa anti-demam, anti-inflamasi, anti-bakteri, dan mengurangi batuk. Untuk mengobati batuk, air perasan satu buah bisa diminum begitu saja, atau bisa juga dicampur lebih dulu dengan air kelapa hijau muda. Selain itu jeruk nipis juga bisa mengandung vitamin C sebanyak 27 mg/100 g jeruk, kalsium sebanyak 40 mg/100 g jeruk, dan fosfor sebanyak 22 mg.


Jintan

Cobalah 6 Khasiat Minuman Jintan Untuk Kesehatan

Source: Pinterest

Bagian tanaman jintan yang dapat digunakan sebagai obat herbal adalah daun dan biji. Jintan mengandung minyak atsiri 0,2 persen (terdiri dari karbakol, isopropil-o-kresol, fenol, sineol), dan senyawa kalium. Daun jintan bisa dimanfaatkan sebagai ramuan untuk meredakan batuk. Tak hanya itu, tanaman herbal ini bahkan bisa untuk mengobati encok, melegakan nafas yang sesak, dan sebagai karminatif.


Itulah beberapa alternatif obat herbal yang mampu mengobati dan meredakan batuk. Namun jika tak kunjung sembuh, sebaiknya Sobat Glamours berkonsultasi dengan dokter. Selamat mencoba!


Comment

Similar Post You May Like