Yuk Terapkan Screen Time Pada Buah Hati Untuk Manfaat yang Baik!

Wpfreeware 2024-07-09 10:03:51 health

Screen time merupakan jumlah waktu yang dihabiskan seseorang untuk melihat layar perangkat elektronik. Sobat Glamours yang memiliki buah hati sudah sepatutnya menerapkan hal tersebut. Pada anak-anak, screen time sering kali meliputi anak menonton televisi, bermain video game, menggunakan aplikasi pada tablet atau smartphone, serta menjelajahi internet. 


Screen time sendiri dapat memberikan dampak positif pada perkembangan anak, seperti meningkatkan imajinasi dan kreativitas. Bahkan banyak sekali buah hati yang berkembang pesat setelah mendapatkan screen time yang baik dan benar. Namun, saat digunakan secara berlebihan dan tidak tepat, screen time justru dapat menimbulkan dampak negatif pada si Kecil.


Dikutip dari Hello Sehat, screen time sendiri memiliki jadwal yang harus diikuti agar buah hati mendapatkan manfaat dan perkembangan yang baik. Berikut ini merupakan jadwal screen time yang bisa Sobat Glamours terapkan untuk buah hati Anda, yuk langsung intip selengkapnya berikut ini!

Source: Pinterest

American Academy of Child & Adolescent Psychiatry memberikan panduan mengenai batasan screen time yang baik untuk anak sebagai berikut. 


  • Anak usia 0—18 Bulan: sebaiknya tidak ada screen time kecuali untuk video chatting yang memungkinkan interaksi sosial dengan anggota keluarga yang jauh.
  • Anak usia 18—24 Bulan: jika orangtua memperkenalkan media digital, sebaiknya pilih program yang berkualitas tinggi dan tonton bersama anak untuk membantu mereka memahami apa yang mereka lihat.
  • Anak usia 2—5 Tahun: batasi penggunaan gadget hingga maksimal 1 jam per hari dengan konten yang berkualitas dan edukatif. Orangtua juga sebaiknya turut mendampingi dan menjelaskan konten tersebut.
  • Anak usia 6 tahun ke atas: tetapkan batasan yang konsisten dan dorong anak untuk terlibat dalam berbagai aktivitas offline.


Itulah beberapa jadwal screen time yang penting dan bisa Anda terapkan pada buah hati, tidak bisa dipungkiri screen time telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan anak di era digital. Oleh karena itu, orang tualah yang berperan penting dalam mengatur penggunaan perangkat elektronik ini. Selamat mencoba Sobat Glamours!

Comment

Similar Post You May Like