Berikut Tanaman Obat Untuk Luka Kulit Berikan Efek yang Ampuh!

Wpfreeware 2024-07-02 08:36:56 health

Source: Pinterest

Saat Sobat Glamours terluka, Anda perlu mengobati luka pada kulit bagian luar dan dalam, tersedia berbagai obat yang bisa didapatkan secara bebas atau dengan resep dokter. Namun, tahukah Anda ada juga beberapa tanaman yang ampuh dalam menyembuhkan luka.


Pasalnya ada beberapa tanaman dan daun yang dikenal memiliki khasiat sebagai obat untuk menyembuhkan luka, baik luka pada kulit bagian luar, seperti luka terbuka dan luka lecet, maupun luka bagian dalam, misal luka lebam (memar). Berikut ini beberapa di antara tanaman atau obat tersebut, yuk langsung intip selengkapnya dibawah ini!


Lidah buaya

13 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Rawat Luka Bakar dan Tingkatkan  Imun - Hot Liputan6.com

Siapa yang tidak kenal dengan lidah buaya (aloe vera) ? Lidah buaya sendiri merupakan salah satu tanaman yang terkenal memiliki berbagai manfaat kesehatan, terutama dalam penyembuhan luka pada kulit. Ini termasuk luka operasi, luka bakar, psoriasis, dan puting pecah-pecah. Tanaman yang satu ini pun bisa menjadi obat untuk luka dalam, yaitu luka lebam.


Daun Jarak

Source: Pinterest

Daun jarak ini merupakan tanaman yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menyembuhkan luka karena sifat antiseptik dan anti-inflamasinya. Sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang dapat mempercepat penyembuhan luka, termasuk luka terbuka, luka bakar, dan perdarahan pada luka. Pasalnya, daun jarak mengandung senyawa yang mampu mencegah infeksi pada luka dengan membunuh bakteri dan mikroorganisme lainnya.


Daun binahong

5 Manfaat Daun Binahong, Mempercepat Penyembuhan Luka hingga Mengobati Asam  Urat Halaman all - Kompas.com

Source: Gooogle Image

Daun binahong dikenal sebagai obat tradisional karena khasiatnya yang luar biasa dalam menyembuhkan luka pada kulit. Jenis daun ini diketahui mampu mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi peradangan. Ini karena daun binahong memiliki senyawa yang mampu membunuh bakteri dan mencegah infeksi. Selain itu, kandungan anti-inflamasi dalam daun binahong dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan pada area luka.


Saat memilih obat tradisional ini sangat penting untuk memastikan kebersihan dan sterilisasi bahan-bahan di atas sebelum digunakan untuk menghindari infeksi. Jika luka serius atau tidak menunjukkan tanda-tanda penyembuhan, sebaiknya konsultasikan dengan profesional medis. Selamat mencoba Sobat Glamours!

Comment

Similar Post You May Like