Kenali Tradisi Munggahan Untuk Menyambut Puasa!

Wpfreeware 2024-03-01 11:00:00 hotnews

Tak terasa Bulan Ramadhan akan segera tiba, selayaknya orang sunda Sobat Glamours asli Kota Bandung biasanya melaksanakan munggahan. Munggahan sendiri merupakan tradisi suku sunda untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan makan-makan dan berkumpul bersama keluarga.


Dilansir dari laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, kata munggahan sendiri berasal dari Bahasa Sunda. Makna dan arti Munggahan menurut bahasa adalah naik yang berasal dari kata munggah. Demikian makna munggahan artinya naik ke bulan suci yang derajatnya lebih tinggi.


Pasalnya munggahan ini merupakan ajang silaturahmi antar keluarga, teman, sahabat dan pasangan untuk merayakannya. Biasanya Anda akan berkumpul di suatu tempat seperti tempat wisata, rumah makan, atau di rumah keluarga dengan tujuan berkumpul dan makan bersama untuk menghabiskan momen bahagia.

Source: Pinterest

Dalam islam, munggahan sendiri tidak diwajibkan atau dianjurkan. Hukumnya sah saja selama tidak menyimpang dari ajaran agama. Seperti halnya ajaran Syeikh Ibnu Utsaimin yang dilansir dari Islam Nusantara. “Perbedaan antara ibadah dan adat, ibadah itu apa saja yang diperintahkan Allah dan Rasul-Nya untuk mendekatkan kepada Allah dan mengharap pahala dari-Nya.”


Adapun adat adalah apa saja yang menjadi kebiasaan dilakukan masyarakat, seperti makanan, minuman, tempat tinggal, pakaian, kendaraan, interaksi sesama, dan yang serupa dengannya. Karenanya munggahan termasuk kedalam adat dan menjunjung syariat islam dengan bersilaturahmi.


Bagaimana Sobat Glamours persiapan untuk munggahan dan bulan Ramadhan tahun ini? Sudahkah mantap semuanya? Berikut ini rekomendasi kegiatan munggahan yang bisa Anda tiru bersama keluarga dan sahabat tercinta.

Source: Pinterest

  • Rekreasi atau pergi ke tempat wisata
  • Ngaliwet atau makan bersama di rumah maupun di luar rumah
  • Ziarah kubur bersama keluarga
  • Bermain bersama teman, sahabat dan pasangan
  • Membersihkan diri dan fokus beribadah serta kajian


Itulah beberapa kegiatan bermanfaat saat munggahan, selamat menjalankan ibadah puasa Sobat Glamours!


Comment

Similar Post You May Like