Whey Protein Berikan Efek Samping Pada Kesehatan! Yuk Intip Selengkapnya Berikut Ini!

Wpfreeware 2024-02-26 07:16:28 health

Sobat Glamours siapa yang tidak kenal dengan whey protein? Susu protein shake yang dikonsumsi untuk menambah protein dan berat badan khususnya saat berolahraga ini memang memiliki segudang manfaat. Dilansir dari Healthline whey protein sendiri memiliki bagian susu yang cair menghasilkan whey, sedangkan padatannya menghasilkan kasein. Keduanya berguna untuk membentuk otot loh.


Meski demikian, Sobat Glamours yang biasa mengkonsumsinya bisa mendapatkan efek samping yang kurang baik untuk kesehatan. Hal tersebut akan terjadi jika Anda tidak tepat dalam mengkonsumsinya. Berikut ini efek samping yang perlu Anda waspadai saat mengkonsumsi Whey Protein. Yuk langsung intip selengkapnya disini!


Intoleransi Laktosa

Intoleransi Laktosa - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter

Source: Pinterest

Mengkonsumsi whey protein mungkin dapat menimbulkan efek samping pada orang dengan intoleransi laktosa. Pasalnya orang-orang yang mengalami intoleransi laktosa tidak dapat mencerna laktosa yang berada di dalam whey protein. Jika tetap mengkonsumsi produk susu, Anda akan  mengalami beberapa gangguan pencernaan seperti perut kembung, begah, sakit perut, dan diare.


Menambah Kerusakan Hati

10 Makanan Yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Hati – Sehat Negeriku

Source: Pinterest

Konsumsi makanan tinggi protein tidak berdampak buruk bagi hati yang sehat. Protein bahkan membantu memperbaiki struktur hati dan mengurangi kadar kolesterol. Namun, jika Anda mengalami kerusakan hati seperti sirosis, sebaiknya lebih berhati-hati. Menurut penelitian dalam jurnal Hepatology International, makanan tinggi protein dapat memperberat kerja hati yang telah mengalami sirosis. Maka dari itu, penderita sirosis sebaiknya menghindari whey protein untuk mencegah efek samping pada hatinya.


Menambah Kerja Ginjal

Penanganan Gagal Ginjal Kronis, Lebih Baik Cuci Darah atau Transplantasi?

Source: Pinterest

Seperti halnya hati, fungsi ginjal yang sehat tidak akan terganggu hanya karena Anda mengonsumsi makanan tinggi protein seperti whey protein. Perlu dicatat bahwa whey protein mungkin tidak cocok dikonsumsi penderita penyakit ginjal. Hal ini disebabkan karena efeknya yang memberatkan kerja organ, pengidap penyakit ginjal perlu berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini.


Mengkonsumsi Whey Protein akan lebih aman jika disertai olahraga dan konsultasi langsung bersama dokter gizi, agar terhindar dari beberapa efek samping yang Anda. Sehingga kesehatan bisa tetap terjaga dan Sobat Glamours bisa beraktivitas.


Comment

Similar Post You May Like