Yuk Intip Manfaat Sitz Bath dan Cara Melakukannya Dengan Benar!

Wpfreeware 2024-02-25 15:21:12 hotnews

Source: Pinterest

Tahukah Sobat Glamours Sitz Bath memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh loh. Sitz bath atau dikenal juga dengan istilah rendam bokong adalah terapi air hangat yang dilakukan untuk merawat serta meredakan ketidaknyamanan pada area perineum. Dilansir dari Helathline, Perineum adalah area yang berada di antara anus dan kelamin. Pada wanita, area perineum berada di antara anus dan vulva, sedangkan pada pria, letaknya antara anus dan skrotum.


Terapi Sitz Bath sendiri digunakan untuk meredakan ketidaknyamanan atau nyeri yang disebabkan oleh berbagai kondisi, seperti wasir, luka episiotomi setelah persalinan, infeksi panggul, atau masalah kulit di area tersebut.  Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa manfaat sitz bath bagi kesehatan yang mungkin bisa Anda dapatkan!


  • Membantu meringankan rasa sakit dan gatal akibat wasir. 
  • Membantu meringankan rasa sakit akibat fisura ani. 
  • Membersihkan dan menenangkan area anus atau perineum setelah operasi. 
  • Meringankan nyeri prostat selama prostatitis atau setelah prosedur. 
  • Mengurangi ketidaknyamanan akibat jenis luka perineum setelah melahirkan. 
  • Membantu meringankan kram menstruasi. 
  • Gatal dan nyeri akibat herpes genital. 
  • Relaksasi otot panggul.

Source: Pinterest

Terapi ini dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari yang simple dan sedikit rumit. Untuk Sobat Glamours yang memiliki bathtub Anda bisa melakukan Sitz bath dengan bathtub. Sebelum mengisi bathtub menggunakan air hangat, sebaiknya pastikan bathtub dalam keadaan bersih. Kemudian beri air panas garam epsom dan mulailah berendam dengan air panas dengan suhu 40 derajat celcius selama 20-25 menit.


Tetapi jika Anda tidak memiliki bathtub, Anda bisa melakukanya di baskom dengan cara yang sama. Usahakan memilih baskom yang kokoh dan ukuran yang besar ya! Selamat mencoba berendam dan relaksasi Sitz Bath Sobat Glamours!


Comment

Similar Post You May Like