Sering Konsumsi Protein? Yuk Intip Fungsi Pentingnya Untuk Tubuh!

Wpfreeware 2024-02-02 09:43:51 health

Sobat Glamours siapa yang memprioritaskan makanan sehat dengan gizi seimbang? Tentunya di dalamnya terdapat berbagai kandungan karbohidrat, serat, dan protein. Sama seperti lemak dan karbohidrat, protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar. Ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein, sistem pencernaan akan memecah protein menjadi asam amino yang dibutuhkan hampir di seluruh bagian tubuh.


Berikut ini adalah berbagai manfaat dan fungsi protein bagi tubuh, yuk Sobat Glamours langsung intip selengkapnya disini!


Sumber energi

Source: Pinterest

Fungsi protein yang pertama adalah sebagai salah satu sumber energi yang penting bagi tubuh, selain lemak dan karbohidrat. Sama halnya dengan karbohidrat, protein mengandung 4 kalori per gram-nya, sedangkan lemak memasok energi lebih banyak, yakni 9 kalori/gram. Protein juga akan disimpan sebagai cadangan dan digunakan ketika tubuh benar-benar membutuhkannya, misalnya saat Anda berpuasa hingga 18–48 jam tanpa asupan makanan.


Membangun dan memperbaiki jaringan tubuh

Mengenal Jaringan Tubuh Manusia Halaman all - Kompas.com

Source: Google Image

Protein adalah “batu bata” yang berperan besar dalam menyusun hampir semua bagian tubuh kita, misalnya otot dan tulang, paru-paru, kulit dan rambut. Tidak hanya itu, protein juga bertanggung jawab untuk memelihara dan mengganti jaringan tubuh yang rusak.


Membentuk antibodi

Bagaimana Proses Pembentukan Antibodi Tubuh? | Lifebuoy Indonesia

Source: Pinterest

Fungsi protein selanjutnya adalah membantu tubuh membentuk antibodi. Antibodi berperan penting untuk melawan infeksi bakteri atau virus. Selain itu, antibodi juga dapat melindungi tubuh dari serangan bakteri atau virus yang sama di kemudian hari.


Memicu reaksi biokimia

Pengertian Reaksi Kimia, Ciri, Faktor, Tahapan, Macam & Contoh

Source: Pinterest

Enzim merupakan jenis protein yang ditemukan di dalam sel. Enzim bertanggung jawab terhadap banyak sekali reaksi biokimia yang terjadi di dalam tubuh, misalnya untuk kontraksi otot, pembekuan darah, dan mencerna makanan.


Selain fungsi-fungsi di atas, masih banyak fungsi protein lain yang sangat dibutuhkan tubuh, seperti menyeimbangkan pH dan jumlah cairan dalam darah. Protein juga menjadi alat transportasi bagi senyawa-senyawa kimia untuk melewati aliran darah, serta masuk atau keluar sel tubuh.


Comment

Similar Post You May Like