Menulis Itu Mudah! Coba lakukan Hal-Hal Berikut Sebelum Kamu Menulis

Wpfreeware 2023-09-06 07:32:10 hotnews

Kini menulis bukanlah hal yang jarang ditemui. Terdapat banyak sekali anak muda yang menyukai tulisan-tulisan seperti puisi, novel, dan masih banyak lagi. Tapi apakah menulis itu sulit? Tentu tidak. Berikut beberapa tips yang Sobat Glamours bisa lakukan saat akan membuat sebuah tulisan.


Ketahui arah tulisan

Kaikki yhteensä 98+ imagen mind map online canva - abzlocal fi

Source: Pinteret

Mungkin Sobat Glamours ada yang tertarik pada novel, puisi, ataupun tulisan baku seperti artikel. Nah, sebelum memulai tulisan, coba berkenalan dengan diri sendiri. Maksud dari berkenalan ialah Sobat Glamours harus tahu bentuk karya tulis seperti apa yang membuat diri kalian nyaman. Semakin nyaman dan semakin yakin dengan bentuk tulisan, Sobat Glamours akan semakin mudah menuangkan pikiran menjadi bentuk tulis.


Genre penulisan

5 Novel Indonesia yang Raih Penghargaan Internasional

Source: Pinterest

Genre apa sih yang akan Sobat angkat dalam bentuk tulis? Hal ini juga akan membantu Sobat Glamours untuk pembangunan cerita. Jika ada yang tertarik dengan penulisan baku seperti artikel, genre yang dimaksud adalah muatan apa yang akan diangkat melalui sebuah artikel. Penulisan sebuah karya tulis tanpa tahu genre penulisan akan membuat penulis bingung, lho.


Tujuan penulisan

Contoh Tujuan Penulisan Makalah dan Cara Menulisnya dengan Benar - Hot  Liputan6.com

Source: Pinterest

Apakah kalian ingin menulis untuk orang lain? untuk dijual? atau untuk kenikmatan tersendiri? Pertanyaan ini mungkin akan jadi tahap Sobat Glamours memakan waktu untuk menjawabnya. Tidak ada salahnya jika tulisan yang dibuat itu hanya untuk kenikmatan pribadi, pun tidak ada salahnya jika seseorang menulis untuk dijual. Hal ini juga akan membantu kalian, para calon penulis untuk memudahkan proses penulisan.


Media tulis

Bagaimana Bentuk Alat Tulis Zaman Dulu? - Bobo

Source: Pinterest

Mungkin ini terkesan kurang penting, tapi patut diketahui bahwa media tulis juga bisa menentukan tulisan kalian, lho. Kok bisa? Bisa, karena penulisan dalam media cetak dan media digital memiliki perbedaan yang signifikan. Jika ingin menulis pada media cetak pasti akan memakan waktu yang lebih lama ketimbang media digital. Pada media digital pun ada sedikit kelemahan yaitu penulis setidaknya harus memiliki peralatan yang menunjang penulisan pada media digital. Tak luput Keduanya memiliki kelebihan dan kepuasan tersendiri bagi beberapa penulis.


Lingkungan menulis

Hari Perpustakaan Sekolah Internasional Diperingati Setiap Tanggal 18  Oktober, Apa Saja Fungsi dari Perpustakaan? - Semua Halaman - Kids

Source: Pinterest

Bagi beberapa penulis, lingkungan yang tenang dan tidak berisik sering jadi pilihan saat melakukan proses penulisan. Tapi bukan jadi satu hal yang aneh jika Sobat Glamours ada yang nyaman menulis di tempat yang ramai. Semua tergantung pada pribadi masing-masing, lebih nyaman berada di lingkungan seperti apa? Semakin nyaman lingkungan, proses penulisan akan berjalan lebih baik dan efisien.


Meski terkesan sepele, beberapa poin diatas akan sangat berpengaruh pada tulisan seorang penulis. Bisa dibilang poin-poin tersebut merupakan sebuah jalan pintas bagi kalian yang baru akan mulai menulis. Adapun beberapa tantangan yang akan Sobat Glamours hadapi saat mengerjakan sebuah tulisan. Selama kalian masih berpegang teguh pada pendirian dan bersungguh-sungguh pasti tulisan apapun yang sedang dikerjakan akan selesai. Jadi, sudah siap menulis?


Comment

Similar Post You May Like