Tol CISUMDAWU Telah Resmi Dibuka, Tarif Gratis!

Wpfreeware 2023-07-13 05:10:40 hotnews

Source: Google Image

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan (Cisumdawu) di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, pada Selasa 11 Juli 2023. Tol Cisumdawu ini memiliki rute Cileunyi-Sumedang-Dawuan yang sesuai dengan namanya. Setelah memakan waktu pengerjaan selama 12 tahun, jalan tol yang memiliki panjang 61,6 kilometer tersebut resmi beroperasi untuk umum per hari Rabu 12 Juli 2023.


"Alhamdulillah, pada hari ini Jalan Tol Cisumdawu sudah selesai dan segera siap untuk dioperasikan. Jalan tol ini menghubungkan Kota Bandung melalui Tol Cipularang, ke Tol Cipali," ungkap Presiden Jokowi. Tidak hanya itu beliau juga membahas soal pembangunan tol tersebut yang memiliki banyak persoalan. "Pembangunan jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 kilometer ini menghabiskan anggaran Rp 18,3 triliun. Yang dari pemerintah Rp 9,07 triliun, sisanya dari KPBU dari swasta,” paparnya.

Diresmikan Presiden, Jalan Tol Cisumdawu Resmi Beroperasi - Reportase News

Source: Google Image

Setelah diresmikan, tol ini akan beroperasi secara gratis dalam dua hingga tiga minggu mendatang. Sementara untuk tarif resmi tol masih belum ditetapkan, karena menunggu Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono terkait penetapan tarif tersebut. Basuki Hadimuljono juga meminta Badan Usaha Jalan Tol, dalam hal ini PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) untuk melakukan pengecekan akhir kesiapan operasional. Seperti lampu penerangan hingga pembersihan media jalan.


Meski sudah dibuka hingga Gerbang Tol Ujung Jaya yang terkoneksi ke Tol Cipali, tapi masih ada satu gerbang tol yang belum dioperasikan. Gerbang Tol yang belum difungsikan adalah Gerbang Tol Paseh yang berada di KM 193 Tol Cisumdawu. Gerbang Tol Paseh ini masuk wilayah Kabupaten Sumedang yang bertujuan untuk memasuki daerah Paseh, Conggeang, atau Buahdua.


Bagaimana, tertarik untuk melewati tol CISUMDAWU ini Sobat Glamours?


Comment

Similar Post You May Like