Wajit Legit Cililin Hj. Romlah, Cemilan Manis Khas Bandung

Wpfreeware 2022-02-17 13:49:52 Kuliner


Source: Pinterest.id


Wajit merupakan makanan khas sunda yang dibungkus dengan daun jagung kering. Bentuk dan cita rasa wajit ini cukup unik, yaitu mengerucut dan manis legit. Cemilan tradisional ini merupakan salah satu cemilan yang disajikan pada acara khusus, seperti hajatan dan peringatan hari-hari besar.


Wajit ini terbuat dari beras ketan, gula merah dan kelapa yang dimasak secara bersamaan. Bahan-bahan tersebut diberi air lalu dimasak hingga matang dan mengental dengan sempurna. Setelah proses tersebut barulah wajit dibungus oleh daun jagung kering dan dijemur hingga kering. Jika telah melewati proses tersebut barulah wajit siap disantap dan dinikmati.


Bandung memiliki sentra produk wajit terbesar di Jawa Barat, yaitu Wajit Hj. Romlah Cililin. pabrik wajit ini sudah terkenal ke berbagai daerah di indonesia, tak heran produksinyapun selalu besar-besaran. Ciri khas yang terkenal dari wajit cililin ini adalah daya simpannya yang cukup lama dan tidak menggunakan bahan pengawet seperti wajit lainnya.


Wajit cicilin ini sudah memiliki banyak gerai di Kota Bandung, seperti di Leuwipanjang, Pasar Kosambi, Padalarang, dan masih banyak lagi. Namun jika ingin merasakan wajit yang masih baru dan hangat, Sobat Glamours bisa datang langsung ke cililin di Kab.Bandung Barat. Salah satunya ialah gerai Hj. Romlah yang menjual wajit dan oleh oleh lainnya.


Wajit Asli Cililin Hj. Siti Romlah - Toko resmi wajit asli cililin "Cap  Potret" terletak di jalan Radio No. 1 Cililin. | Facebook

Gerai Hj. Romlah ini telah berdiri sejak 1936 wajitnya yang khas dan melegenda diwariskan secara turun temurun oleh keluarganya. Meski demikian banyak sekali pesaing yang bermunculan dan menghalangi bisnis wajit di gerai Hj. Romlah ini. Bahkan banyak sekali produk abal-bala yang bermunculan dengan nama beliau, oleh karena itu Anda harus berhati-hati saat membeli wajit di Cililin ini.


Selain memproduksi wajit, gerai inipun memproduksi angleng, dodol kacang dan lamaya. Sekilas mirip, namun beberapa makanan tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Jika wajit berbentuk kerucut, maka angleng berbentuk tabung seperti lontong, sedangkan dodol berbentuk tabung kecil yang memanjang. Kemudia lamaya berbentuk sama dengan dodol namun dengan porsi yang lebih pendek dan memiliki kemasan berbeda.


Berbagai makanan terkenal seperti gurilem, dorokdok, kerupuk udang, rempeye banyak juga dijual di gerai wajit ini. Hal tersebut dikarenakan para pengunjung kerap kali ingin belanja oleh oleh di satu tempat, oleh karena itu Hj.Romlah menambahkan beberapa makanan khas bandung yang berpotensi untuk mengabil hati para pengunjung gerainnya tersebut.

Comment

Similar Post You May Like