Patung Ikonik Yang Penuh Sejarah Di Bandung

Wpfreeware 2021-09-16 04:41:22 wisata

Bandung memang memiliki sejarah yang tidak ada habisnya. Mulai dari beberapa jalanan yang menjadi saksi bisu kemerdekaan Indonesia seperti Jalan Braga dan Jalan Riau. Selain beberapa jalan, ada juga tempat makan yang telah berdiri seperti Braga Permai. Terdapat juga beberapa patung yang menjadi ikon suatu jalan di Bandung.

Patung-patung tersebut ternyata memiliki cerita sejarah dan tak hanya sekedar di buat tanpa alasan saja. Berikut merupakan beberapa patung ikonik yang menjadi cirikhas suatu jalan di Bandung.

Bola Dunia Asia Afrika


Tugu bola dunia Asia-Afrika ini dibangun pada saat masa pemerintahan Ridwan Kamil sebagai Wali Kota Bandung sekaligus orang yang mendesain langsung tugu tersebut. Tugu ini terbuat dari sebuah tembaga dengan menyertakan nama-nama negara yang ikut dalam Konferensi Asia Afrika. Dalam tugu bola dunia Asia-Afrika ini juga terdapat suatu kutipan dari Presiden Pertama Indonesia, Ir.Soekarno yang bertuliskan “Let a new Asia and New Africa be born”.

Tugu tersebut di diresmikan Presiden Jokowi Dodo pada tahun 2015 di Kota Bandung. Tugu ini dibuat dengan tujuan untuk lambang persatuan dan persaudaraan kebangkitan globalisasi antara Asia dan Afrika serta untuk memperingati konferensi Asia Afrika ke 60.

Patung Tunas Kelapa


Tugu yang sering dilewati masyarakat ketika di Jalan L.R.R.E Martadinata ini juga sering disebut dengan Tugu Kitri. Monumen ini di resmikan pada 16 Juni 2018 oleh Pemerintah Kota Bandung yang pada saat itu masih di pimpin oleh Wali Kota Dada Rosada. Taman tugu Kitri berdiri di lahan yang dulunya berdiri di bekas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). SPBU tersebut menjadi satu-satunya SPBU yang ada di Jalan Riau.

Kolam di Tugu Tunas Kelapa Pramuka dikelilingi pagar tumbuhan dan tanaman bunga bakung yang berwarna merah hati. Selain itu di bagian lain juga terdapat kursi-kursi untuk para pengunjung yang ingin menikmati taman tugu tersebut.

Patung Pesepak Bola Tamblong


Monumen sepak bola ini juga sering disebut dengan Patung Ajat Sudrajat. Patung yang dibuat dengan posisi sedang menggiring bola ini adalah persembahan Pemerintah Kota Bandung yang di resmikan pada 8 Mei 1990 oleh Wali Kota Ateng Wahyudi. Patung ini menjadi penanda klub Sepak bola Persib sebagai salah satu tim yang paling ditakuti saat awal 1990-an. Patung ini berada di Simpang Tamblong-Veteran, Kota Bandung.

Patung ini dibuat setinggi lima meter ini dikelilingi oleh tanaman hias dan bunga warna-warni. Karya ini dibuat oleh salah satu seniman terkemuka I Nyoman Nuarta. 

Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner