Kenali Metode Butterfly Hug Untuk Atasi Kecemasan

Wpfreeware 2022-06-04 08:14:19 health


Source: Pinterest

Cemas anxiety adalah perasaan gugup atau gelisah. Biasanya orang akan mengalami rasa cemas ketika berhadapan dengan situasi tertentu, seperti sebelum wawancara kerja, sebelum ujian, atau saat harus mengambil keputusan penting. Rasa cemas merupakan reaksi alami tubuh terhadap stres, yang sebenarnya bermanfaat untuk membuat kita menjadi lebih berhati-hati dan waspada.


Namun, rasa cemas bisa menjadi tidak sehat jika muncul secara berlebihan, sulit dikontrol, atau sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini disebut sebagai gangguan kecemasan. Jika Anda mengalaminya sebaiknya atasi hal tersebut dengan tenang dan gunakan beberapa metode untuk meredakan kecemasan. Salah satu metode yang terkenal ampuh mengatasinya adalah Butterfly Hug.


Butterfly hug adalah metode berpelukan dengan diri sendiri untuk menghilangkan stres atau cemas agar lebih rileks dan tenang. Metode ini dikembangkan oleh Lucina Artegas dan Ignacio Jarero. Metode ini melihat aktivitas layaknya sayap kupu-kupu yang menguncup. Awalnya, metode pelukan kupu-kupu diajarkan kepada korban badai Pauline di Meksiko pada tahun 1998 lalu.

Butterfly Hug Untuk Mengatasi Kecemasan – Asisya Consulting

Source: Pinterest

Metode ini diklaim efektif untuk membantu para korban pulih dari trauma yang mereka alami. Dari situlah, butterfly hug kemudian dipakai sebagai salah satu perawatan untuk mengobati kecemasan, terutama bagi penderita trauma. Maka dari itu banyak sekali orang yang menderita gangguan kecemasan menggunakannya.


Cara menerapkan butterfly hug sangatlah mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang. Anda tinggal melakukan gerakan memeluk diri sendiri yang disertai dengan teknik pernapasan untuk mendapatkan ketenangan. Berikut ini langkah-langkahnya:


  1. Duduk dengan tenang, lalu bernapaslah menggunakan teknik pernapasan diafragma.
  2. Fokuskan pikiran pada diri Anda sendiri, perhatikan emosi yang muncul sambil terus bernapas.
  3. Silangkan kedua tangan Anda di atas dada, tepat di bawah tulang selangka atau bahu.
  4. Mulailah menepuk diri Anda sendiri secara perlahan dan bergantian dari kanan ke kiri atau kiri ke kanan. Ketika menepuk diri sendiri, tarik nafas dalam lalu keluarkan secara perlahan untuk membantu membuat perasaan menjadi lebih lega.
  5. Lakukan tepukan itu selama 30 detik atau beberapa menit, hingga Anda mulai merasa tenang.


Butterfly hug ini selain mampu mengatasi kecemasan atau anxiety, banyak manfaat yang bisa didapatkan mulai dari mengurangi rasa sakit hingga menaikkan mood. Untuk Anda yang memiliki masalah dengan kecemasan wajib menerapkan metode ini Sobat Glamours!


Comment

Similar Post You May Like