Yuk Intip Manfaat Buah Matoa Yang Jarang Diketahui!

Wpfreeware 2022-06-06 13:16:12 health


Source: Pinterest

Sobat Glamours tahu dengan buah matoa? Buah matoa ini memiliki aroma yang harum, tekstur yang kenyal, serta rasa yang merupakan perpaduan antara kelengkeng, durian, dan rambutan. Buah ini kerap dijadikan obat tradisional oleh masyarakat Papua, namun meski begitu buh ini tidak banyak dikenal oleh orang-orang. Bahkan, banyak masyarakat yang mungkin belum pernah menikmati buah unik ini. Jika Anda tertarik mencobanya, yuk simak beberapa manfaat buah matoa yang bisa didapatkan berikut ini.


Berbagai manfaat dari buah matoa

Source: Pinterest

Buah ini kerap disebut buah ajaib karena seluruh buah tersebut memiliki manfaat. Mulai dari kulit, biji, dan daging buah matoa diketahui memiliki potensi sebagai antioksidan, antimikroba, dan anti diabetes alami. Menurut penelitian, kandungan antioksidan tertinggi pada buah matoa terdapat pada bagian kulit. Manfaat buah matoa diduga kuat berasal dari banyaknya kandungan senyawa polifenol, meliputi asam fenolat, flavonoid, tanin, saponin, dan alkaloid yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.


Menurunkan kadar gula darah

Source: Pinterest

Beberapa riset menunjukkan bahwa ekstrak buah matoa diduga bermanfaat untuk menurunkan dan menstabilkan kadar gula darah. Ini berkat kandungan senyawa fenolik dalam ekstrak buah matoa yang dipercaya mampu menurunkan penyerapan gula darah di usus, sehingga baik bagi penderita diabetes.


Menjaga kesehatan jantung

Source: Pinterest

Manfaat buah matoa dalam menjaga kesehatan jantung hadir berkat kandungan antioksidan polifenol di dalamnya. Polifenol diketahui mampu mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Mengonsumsi buah matoa secara teratur diduga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, termasuk gagal jantung, serangan jantung, dan stroke.


Melancarkan pencernaan

Fungsi dari Organ-Organ Pencernaan Manusia Halaman all - Kompas.com

Source: Pinterest

Dalam pengobatan tradisional, buah matoa banyak digunakan untuk membantu melancarkan pencernaan. Manfaat buah matoa ini diduga berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya yang dipercaya mampu meningkatkan jumlah bakteri baik atau probiotik, dan mencegah pertumbuhan bakteri jahat di usus. Jika pencernaan lancar, risiko Anda untuk terkena berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, hingga penyakit radang usus akan berkurang.


Mencegah penyakit kanker

Waspada! 7 Kebiasaan Sepele Ini dapat Menjadi Pemicu Kanker

Source: Pinterest

Manfaat buah matoa lainnya adalah diduga dapat mencegah penyakit kanker. Hal ini berkat kandungan antioksidan di dalam buah matoa yang dipercaya mampu melawan radikal bebas berlebih. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan tubuh, sehingga memicu atau menyebabkan tumbuhnya sel kanker.

Itulah beberapa manfaat dari buah matoa untuk kesehatan tubuh Anda. Sobat Glamours pernah mengkonsumsinya belum?

Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner