Yuk Kenali Olahraga Gymnastic dan Manfaatnya!

Wpfreeware 2022-05-21 09:36:45 health


Source: Pinterest

Olahraga Gymnastic merupakan bagian dari senam. Olahraga gymnastic atau gimnastik adalah senam yang melibatkan berbagai gerakan dasar pada olahraga, seperti berguling, melompat, mengayunkan tubuh, dan membalikkan badan. Cabang olahraga ini merupakan kombinasi latihan kelenturan, kekuatan otot, serta latihan keseimbangan. 


Beberapa macam senam seperti aerobik, zumba, dan senam lainnya merupakan bagian dari gymnastic itu sendiri. Secara khusus ada 7 macam olahraga gymnastic yang populer beberapa diantaranya, Parkour, Gymnastic Aerobik, Gymnastik Ritmik,Gimnastik Cabang Putra dan cabang putri, Olahraga Trampolin, Gymnastic Akrobatik.


Karena melatih kekuatan dan kelenturan otot tubuh, olahraga ini tentu berguna untuk kesehatan. Yuk Sobat Glamours Intip manfaat olahraga berikut ini.

 

Meningkatkan Kelenturan Tubuh


Dalam gimnastik, ada banyak gerakan peregangan otot. Oleh karena itu, tubuh pun terlatih sehingga lebih fleksibel. Peregangan bisa mengurangi risiko cedera olahraga, nyeri tubuh, dan gangguan keseimbangan. Atlet juga harus mempelajari gerakan tubuhnya dan menyesuaikan setiap detail gerakan. Oleh karena itu, koordinasi tubuh pun meningkat. Koordinasi tubuh yang optimal membuat Anda lebih leluasa menggerakkan tubuh sesuai apa yang Anda inginkan.


Meningkatkan Kekuatan Otot


Saat melakukan olahraga gimnastik, Anda harus menahan beban tubuh dengan baik untuk menjaga keseimbangan. Tak hanya itu, latihan kekuatan otot juga merupakan salah satu hal yang penting dalam olahraga gimnastik. Rutin olahraga gymnastic membantu membesarkan otot. Dengan otot yang kuat, Anda bisa lebih stabil saat mempertahankan posisi tubuh saat bergerak.


Mencegah Berbagai Penyakit


Olahraga gymnastic bisa mengurangi resiko berbagai penyakit, seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Latihan persiapan gymnastic membuat Anda menggerakkan tubuh secara rutin sehingga mengoptimalkan kerja jantung. Selain itu, aktif bergerak juga membuat tubuh lebih sensitif dengan insulin sehingga gula darah pun terkontrol. Hal ini menurunkan risiko penyakit diabetes.


Olahraga gymnastic membakar kalori hingga sebesar 288 kkal. Jika diimbangi dengan asupan nutrisi yang cukup, olahraga ini bisa menjaga berat badan Anda. Selain itu, gimnastik meningkatkan kepadatan tulang sehingga tulang lebih kuat dan mengurangi risiko osteoporosis. Melimpah bukan manfaat dari olahraga ini Sobat Glamours?


Comment

Similar Post You May Like