Kenali Agitasi, Hal Normal Yang Jangan Disepelekan

Wpfreeware 2022-05-22 05:37:59 health


Source: Pinterest

Pernahkah Sobat Glamours mengalami agitasi? Agitasi adalah perasaan gelisah, jengkel, dan gugup yang umumnya bisa membuat Anda bergerak mondar-mandir atau meremas-remas tangan tanpa henti. Pada situasi tertentu, kondisi ini normal terjadi. Namun, ada juga agitasi yang menjadi tanda gangguan kesehatan mental. Hal ini umumnya terjadi karena stress berat yang tak kunjung reda.


Agitasi terkadang juga bisa muncul tanpa pemicu apa pun. Hal ini biasanya disebabkan oleh masalah kesehatan fisik atau mental, baik yang disadari maupun tidak. Agitasi seperti ini bisa datang secara tiba-tiba dan berlangsung singkat atau muncul perlahan dan berlangsung lama. Agitasi dapat ditandai dengan beberapa gejala umum. Berikut ini adalah gejala-gejalanya:


  • Gugup, gelisah, dan tidak tenang
  • Bicara secara berlebihan
  • Gerakan yang tidak sengaja dan tanpa tujuan, seperti berjalan mondar-mandir atau menarik-narik baju sendiri
  • Tidak bisa bekerja sama atau tidak responsif terhadap orang lain
  • Mudah tersinggung


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, agitasi adalah ungkapan emosi yang normal ketika sedang mengalami stres. Namun, waspadalah jika agitasi sering muncul secara tiba-tiba atau bahkan berlangsung lama, karena bisa menjadi tanda gangguan mental, seperti:


  1. Skizofrenia yang menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan dalam membedakan kenyataan dengan pikirannya sendiri. 
  2. Gangguan bipolar, depresi, dan gangguan kecemasan, ketiga kondisi ini bisa menyebabkan perubahan drastis pada emosi dan tingkat energi seseorang.
  3. Ketidakseimbangan hormon, seperti hipotiroidisme yang pada kondisi ini, tubuh kekurangan hormon tiroid sehingga otak dan organ tubuh tidak bekerja seaktif biasanya.
  4. Autisme biasanya penderita mengalami kesulitan dalam mengungkapkan apa yang ada di pikirannya dan berkomunikasi dengan orang lain.
  5. Pecandu alkohol akan menggunakan minuman beralkohol untuk mengatasi rasa gelisah atau cemas yang muncul.

Comment

Similar Post You May Like