Asal-Usul Colenak, Si Manis Makanan Tradisional Khas Bandung

Wpfreeware 2021-09-13 21:05:26 Kuliner

Tanah Sunda memang terkenal akan banyak hal, mulai dari masyarakatnya yang ramah, alamnya yang indah hingga kulinernya yang melegenda. Salah satu kudapan yang berasal dari Bandung adalah Colenak. Tentunya kuliner satu ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Jawa Barat. Bagi anda yang sedang berkunjung ke Kota Kembang Bandung, anda tidak akan kesulitan mencari kudapan manis satu ini karena colenak ada hadir di menu restoran bintang lima hingga pedagang kaki lima.

Colenak sangat cocok anda santap sebagai camilan yang dipadukan dengan kopi atau teh di pagi hari. Makanan yang terbuat dari peuyeum atau tape singkong yang telah dibakar ini disajikan dengan pelengkap berupa parutan kelapa yang kemudian disiram dengan menggunakan gula jawa cair.


Dilansir dari Liputan6, kudapan manis ini pertama kali di perkenalkan oleh Aki Murdi, seorang putra daerah Bandung pada tahun 1930. Pada awalnya Aki Murdi menjajakan colenak racikannya itu di pinggiran jalan Achmad Yani, Cicadas, No.733 Bandung. Pada awalnya, makanan ini diberi nama peuyeum di gulaan (tape dengan gula). Namun karena pembelinya bertambah banyak karena aroma tape bakarnya yang menggugah selera, kemudian Aki Murdi mendapatkan saran dari pelanggannya untuk memberi nama colenak untuk nama makanannya tersebut. Colenak sendiri memiliki kepanjangan yang berarti di cocol enak

Kini resep colenak aki Murdi telah diwariskan selama tiga generasi. Terlebih lagi jika colenak pertama kali dijajakannya di pinggir jalan, kini tempat berjualan Aki Murdi telah menjadi toko besar dengan nama Colenak Murdi Putra. Di Bandung sendiri Colenak Murdi Putra telah memiliki beberapa cabang yang menyajikan berbagai varian rasa, mulai dari rasa durian dan nangka.

Source Photo : tribun jabar

Saking populernya colenak, bahkan camilan ini pun memiliki lagunya sendiri dengan judul Kawih Colenak yang merupakan lagu untuk anak-anak dan biasa digunakan ketika bermain.

Bagaimana sobat glamours, apakah anda termasuk penggemar colenak atau anda belum pernah mencobanya? 

Comment

Similar Post You May Like