Cara Mudah dan Alami Atasi Sakit Tenggorokan

Wpfreeware 2021-08-30 07:45:32 health

Nyeri tenggorokan karena radang pastinya membuat tidak nyaman karena timbul gejala seperti terasa panas, nyeri, hingga sulit untuk menelan dan berbicara. Peradangan yang menimbulkan rasa sakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun virus. Untuk mengatasinya, sudah banyak obat-obatan untuk mengatasi gejalanya. Namun, Anda dapat mengatasi dengan cara alami berikut ini!


Minum air putih



Saat mengalami radang tenggorokan, Anda perlu banyak mengkonsumsi banyak air putih untuk meringankan rasa sakitnya. Dengan menjaga asupan cairan tubuh, rasa sakit tenggorokan karena radang secara alami akan hilang. Penting untuk memastikan kebutuhan cairan terpenuhi agar tenggorokan tetap lembab. Selain air putih, Anda juga dapat mengkonsumsi teh, jus buah, dan sup kaldu. 


Honey lemon



Cara alami yang satu ini sudah tidak asing lagi, yaitu honey lemon atau pencampuran madu dengan perasan air lemon. Ini karena madu memiliki sifat antibakteri yang dapat mengurangi pembengkakan dan rasa tidak nyaman pada saluran tenggorokan. Sedangkan lemon kaya akan vitamin C yang memiliki astringen untuk meredakan rasa sakit tenggorokan. 


Untuk mengkonsumsinya, cukup campurkan 2 sendok mau dengan perasan air lemon secukupnya pada secangkir air hangat atau teh. Ramuan ini juga dapat memberikan rasa nyaman dan hangat pada tenggorokan.


Teh chamomile



Teh alami yang wangi ini dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengobati sakit tenggorokan. Teh chamomile dapat memberikan rasa relaxing, serta mengandung antiinflamasi, antioksidan, dan lainnya. Maka sudah tidak asing lagi jika teh ini sering digunakan sebagai obat tradisional. Selain mengkonsumsinya, Anda juga dapat menghirup uap teh chamomile untuk meredakan pilek dan melegakan sakit tenggorokan.


Kayu manis


Tak hanya sebagai bumbu dapur, kayu manis juga dapat menjadi obat alami radang tenggorokan. Ini karena kandungan antioksidan dan antibakteri yang tinggi dan dapat membunuh bakteri yang ada di dalam tenggorokan. Anda dapat menambahkan beberapa potong kayu manis pada air atau teh hangat. 


Comment

Similar Post You May Like