Manfaat Rutin Mengkonsumsi Air Ketumbar untuk Kesehatan

Wpfreeware 2021-08-29 09:23:28 health

Umumnya ketumbar digunakan sebagai bumbu masakan, namun ketumbar juga dapat bermanfaat bagi kesehatan, loh! Ketumbar merupakan tanaman herbal yang kaya akan nutrisi yang dapat dikonsumsi sebagai tambahan masakan dan juga dapat diolah sebagai teh herbal. Bahkan mengkonsumsi rendaman air biji ketumbar juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, berikut penjelasannya!


Mengatasi masalah pencernaan


Manfaat air ketumbar yang cukup terkenal adalah untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare, mual, serta perut kembung. Hal ini karena adanya kandungan serat pada ketumbar yang dapat meningkatkan sistem pencernaan secara keseluruhan. Selain itu, adapun sifat antioksidan, antibakteri, dan antiradang pada ketumbar yang dapat menjadi obat alami masalah pencernaan.


Membantu meredakan batuk pilek


Adanya kandungan vitamin C pada air rebusan ketumbar, mengandung antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sehingga, mengkonsumsi air ketumbar secara rutin dapat mencegah virus penyebab penyakit pada tubuh. Serta dapat membantu meredakan batuk dan pilek yang disebabkan oleh virus pada tubuh.


Meredakan nyeri sendi

Ini 6 Obat Nyeri Sendi dari Bahan Alami di Rumah

Ketumbar memiliki manfaat untuk mengatasi permasalah sendi termasuk dapat meringankan nyeri sendi. Ini karena air rebusan ketumbar memiliki sifat analgesik serta kandungan asam linoleate yang dapat menenangkan otot dan tulang yang tegang. Bahkan, air ketumbar juga dapat meringankan penyakit hernia juga.


Dapat melawan infeksi


Karena adanya kandungan senyawa antibakteri yaitu dodecanal pada ketumbar, ini dapat melawan serta membasmi bakteri penyebab diare dan keracunan makanan seperti e.coli dan salmonella. Selain itu, air ketumbar juga dapat melawan bakteri penyebab infeksi saluran kemih atau ISK. 


Meski air ketumbar memiliki banyak manfaat, namun tidak semua orang cocok, ya! Untuk mengatasi masalah tertentu Anda dapat berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Comment

Similar Post You May Like