Penderita Diabetes? Ini Makanan yang Bisa Menurunkan Gula Darah

Wpfreeware 2021-08-24 04:41:44 health



Bagi penderita diabetes, perlu menghindari makanan yang tinggi gula agar tidak terjadi lonjakan gula darah yang tinggi. Untuk menjaga gula darah tetap stabil, perlu mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar gula darah. Apa saja? Berikut contohnya, beberapa makanan yang dapat menyeimbangkan gula darah!


Ubi jalar

Benarkah Ubi Bisa Bantu Atasi Osteoporosis? - Spesialis Klikdokter.com

Tak hanya mengenyangkan, ubi jalar menjadi makanan yang baik untuk mengendalikan gula darah penderita diabetes. Ini karena ubi jalar memiliki indeks glikemik yang rendah bahkan dibandingkan kentang. Selain itu adapun kandungan serat, vitamin A, C, dan kalium yang baik untuk penderita diabetes. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara dipanggang, direbus, maupun ditumbuk.


Kacang-kacangan


Selain untuk diet, kacang juga menjadi pilihan camilan yang aman bagi penderita diabetes. Ini karena kacang-kacangan kaya akan serat dan protein, selain itu juga mengandung karbohidrat kompleks serta memiliki indeks glikemik rendah. Kacang juga lebih lama diubah oleh tubuh menjadi glukosa, sehingga gula darah menjadi lebih stabil. 


Yogurt


Rajin mengkonsumsi plain yogurt dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini terjadi karena yogurt memiliki indeks glikemik yang rendah. Namun, ini hanya berlaku untuk yogurt yang tanpa rasa dan tanpa tambahan gula. Hindari mengkonsumsi yogurt dengan perasa karena biasanya mengandung banyak gula yang dapat meningkatkan gula darah Anda. 


Bawang putih


Bawang putih sudah tidak asing lagi menjadi pengobatan tradisional bagi penderita diabetes. Adanya kandungan senyawa pada bawang putih dapat membantu mengurangi gula darah yang bisa meningkatkan sensitivitas serta sekresi insulin. Untuk mengkonsumsinya, dapat dimakan mentah, ditambahkan ke salad, atau dimasukan ke dalam masakan Anda. 

Comment

Similar Post You May Like