Selain Dehidrasi, Ini Dampak Buruk Kekurangan Minum Air Putih

Wpfreeware 2021-08-23 07:09:34 health


Minum air putih sangat penting karena sekitar dua pertiga tubuh terdiri dari air. Maka, untuk menjaga keseimbangannya, kita wajib untuk mengkonsumsi air putih sesuai anjuran. Namun, tidak semua orang suka air putih dan dampak yang paling sering terjadi adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Berikut beberapa dampak jika Anda kurang minum air putih:


Sembelit


Kurang minum air putih dapat mengganggu pencernaan. Ini karena air putih berfungsi untuk memperlancar sistem pencernaan. Saat tubuh kekurangan cairan, akan menghambat proses pencernaan. Salah satu dampaknya adalah susah buang air besar atau sembelit. 


Tekanan darah menurun


Jika tubuh kekurangan cairan, dampak yang paling sering terjadi adalah dehidrasi. Kondisi dehidrasi ini dapat membuat volume plasma darah yang mengandung protein akan menurun. Akibatnya, tekanan darah seseorang yang kurang minum air putih juga dapat ikut menurun. 


Sulit berkonsentrasi


Apakah Anda sering hilang fokus seperti kurang sinkron antara apa yang ingin diucapkan dan sedang dipikirkan? Ini bisa jadi tanda kurangnya konsentrasi akibat kurang minum air. Saat tubuh kekurangan cairan tubuh, akan berisiko menurunkan fokus, konsentrasi, dan memori otak. Jika kondisi ini terus berlanjut, dapat berakibat pada gangguan fungsi otak.


Kulit kering


Selain menjaga kulit dari luar, penting juga menghidrasi kulit dari dalam dengan rutin minum air putih. Kulit kering bisa jadi terjadi bukan karena produk yang Anda gunakan, namun terjadi karena kurang asupan air putih. Saat kulit sedang kering bersisik, ini menjadi kondisi yang tidak sehat dan juga tidak nyaman. Anda dapat mengatasinya dengan rutin minum air.

Comment

Similar Post You May Like