Sering Tidak Sadar Berikut Penyebab BB Naik!

Wpfreeware 2024-09-10 09:13:52 health

Sobat Glamours siapa yang merasa berat badan semakin naik? Pastinya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi begitu saja. Oleh karena itu Anda perlu tahu beberapa faktor yang membuat berat badan Anda bertambah! Biasanya faktor tersebut disebabkan oleh gangguan kesehatan loh. Yuk langsung simak beberapa hal  berikut yang sebabkan berat badan Anda bertambah dibawah ini!


Insomnia

Source: Pinterest

Sudah bukan rahasia umum lagi bila insomnia yang dapat membuat Anda kurang tidur bisa menjadi penyebab berat badan naik terus.  Hal tersebut disebabkan oleh perubahan siklus tidur yang dapat mempengaruhi pola makan dan suasana hati, sehingga bisa membuat Anda makan berlebihan. Terlebih jika Anda mengkonsumsi banyak karbohidrat saat susah tidur, alhasil Anda akan terjaga sepanjang malam.


Makan Sambil Melakukan Aktivitas Lainnya

Source: Pinterest

Kebiasaan buruk lainnya adalah makan sambil melakukan aktivitas lain, beberapa contoh diantaranya adalah makan sambil menonton televisi dan makan sambil bekerja dengan laptop. Biasanya saat melakukan hal tersebut secara tidak langsung proses mengunyah akan semakin cepat sehingga makanan tidak terkunyah dengan sempurna dan perut akan merasakan lapar. Karenanya hal ini sebaiknya tidak dilakukan.


PCOS

Source: Pinterest

PCOS atau sindrom polikistik ovarium merupakan salah satu penyakit yang membuat Anda memiliki berat badan berlebih, terutama di bagian perut. Hal ini mungkin dikarenakan PCOS menyebabkan ovarium menghasilkan hormon seks pria dengan kadar yang cukup tinggi. Sebaiknya jika Anda mengalaminya segera merubah pola hidup sehat dan berdiet.


Gangguan Tiroid

Source: Pinterest

Dilansir langsung dari Healthline, masalah kesehatan yang dapat menyebabkan berat badan naik yaitu masalah tiroid, lebih tepatnya hipotiroidisme.  Hipotiroidisme merupakan masalah tiroid yang dapat memperlambat metabolisme. Alhasil, berat badan pun naik.  Gangguan pada hormon tiroid ini juga bisa menyebabkan tubuh menahan cairan (retensi cairan) akibat efek hipotiroidisme pada ginjal.


Menstruasi

Source: Pinterest

Kenaikan berat badan yang mungkin hampir terjadi pada setiap wanita disebabkan oleh menstruasi. Wanita mungkin mengalami retensi air dan perut kembung ketika masa haid tiba. Kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh perubahan kadar estrogen dan progesteron. Untunya, jenis kenaikan berat badan ini umumnya mereda ketika periode haid berakhir untuk bulan tersebut.


Nah itulah beberapa penyebab dan faktor umum yang sebabkan berat badan berlebih. Yuk Sobat Glamours jalani pola hidup sehat dan berdiet untuk kesehatan tubuh Anda! Selamat mencoba!


Comment

Similar Post You May Like