Keindahan Masjid Terapung Al-Jabbar Bandung Serta Keunikannya

Wpfreeware 2021-08-13 10:23:04 wisata


Mungkin anda pernah melihat Masjid yang satu ini, jika dilihat dari kejauhan, Masjid Al Jabbar bandung nampak mengapung di atas air. Namun, jika anda melihat lebih dekat, Masjid ini sebenarnya tidak mengapung.

Uniknya Tempat ibadah ini berada di tengah-tengah danau sehingga terkesan mengapung air, Jadi Masjid Al-Jabbar sering disebut sebagai Masjid terapung di Gedebage.

Jika anda ingin berkunjung ke masjid ini, Masjid Al Jabbar terletak di kelurahan Cimenerang, kecamatan Gedebage, kota Bandung.

Selain karena terlihat unik mengapung diatas air, masjid ini pun mempunyai desain yang unik yaitu tanpa kubah, salah satunya masjid ini memiliki ornamen atap tumpuk berbentuk kerucut. dan nantinya masjid ini akan dilengkapi kaca berwarna-warni.

Bangunan masjid ini berbentuk persegi dengan ukuran 99 x 99 meter.  terdiri dari tiga lantai, dan diperkirakan bangunan masjid ini dapat menampung sekitar 60 ribu jemaah.  nantinya tempat ini tak hanya sekedar menjadi tempat ibadah, tempat ini nantinya juga dilengkapi dengan museum.

Pembangunan Masjid Al Jabar yang Megah di Gedebage Bandung | Beritabaik.id

Lantai Pertama akan dibangun Museum dari Sejarah Nabi. Lalu, lantai kedua dan ketiga menjadi tempat ibadah yang dapat menampung ara jemaah. Selain itu, dilengkapi juga dengan fasilitas untuk dapat menginap, pelatihan, perpustakaan, pertemuan, dan seminar.

Dengan adanya museum do Majid ini adalah bagian dari implementasi dari sebuah masjid Modern yang mempunyai multifungsi. Sebagai tempat ibadah juga sebagai tempat edukasi.

Masjid in di rancang oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mempunyai tempat yang sejuk dengan tumbuhan hijau di sekitarnya. Ditambah dengan atap yang cantik, tentunya tempat ini suatu saat anti akan menjadi Ikon baru dan pusat wisata religi di Kota Bandung.

Untuk peletakan batu pertama masjid Al-Jabbar dilakukan pad 29 Desember 2017, Dan memang pembangunan masjid ini menjadi salah satu pembangunan yang di nanti oleh masyarakat.

Di sekitar Masjid ini pun, terdapat danau Buatan yang di rancang juga untuk memenuhi kebutuhan air baku Kota Bandung yang dimana setara 15 meter kubik per detik.

Untuk danau gedebage sendiri mempunyai kedalam 3 meter, yang berfungsi sebagai penampung air hujan, cadangan air baku, juga sebagai fungsi sosial.

Comment

Similar Post You May Like