Ingin Diet? Ini Daftar Karbohidrat Pengganti Nasi Putih

Wpfreeware 2021-08-12 09:34:39 health

Nasi, khususnya nasi putih menjadi karbohidrat yang utama bagi masyarakat Indonesia. Tapi sayangnya, nasi putih memiliki kandungan glukosa yang tinggi dan tidak baik bagi penderita diabetes. Kebanyakan orang yang menjalankan program diet juga mulai mencari pengganti nasi putih. Berikut beberapa karbohidrat kompleks pengganti nasi putih!

Kentang

Efektifkah Menurunkan Berat Badan dengan Konsumsi Kentang Rebus? | TIMES  Indonesia

Umbi-umbian yang satu ini kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Anda dapat mengkonsumsi kentang dengan cara direbus, dikukus, dan disajikan dengan lauk lainnya. Jika bosan, mashed potato dapat menjadi pilihan. Pastinya, kentang memiliki kadar indeks glikemik atau gula yang lebih rendah ketimbang nasi putih. 

Shirataki

Mengenal Mi Shirataki, Mi Rendah Kalori dan Kaya Manfaat - Gaya Tempo.co

Belakangan, nasi dan mi shirataki sedang menjadi tren. Shirataki terbuat dari glucomanan, jenis serat yang berasal dari tanaman konyaku. Ini dapat Anda jadikan sebagai alternatif dari nasi putih karena bentuknya persis dengan nasi putih namun dengan kalori yang lebih rendah. Sebagian besar kandungan shirataki adalah air, dan cocok untuk Anda yang sedang menjalani program diet.

Oat

5 Jenis Oat yang Perlu Kamu Ketahui, Mana Oatmeal Terbaik untuk Diet? |  BukaReview

Oat menjadi salah satu gandum utuh yang baik untuk menurunkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, penyakit gula darah, hingga kanker. Oat sering dijadikan alternatif dari nasi putih oleh pelaku diet maupun vegetarian. Selain itu, serat dalam oat juga dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga baik untuk menurunkan berat badan.

Nasi merah

Diet Nasi Merah, Benarkah Lebih Sehat daripada Nasi Putih?

Bagi orang Indonesia, rasanya belum makan jika belum makan nasi maka nasi merah dapat menjadi pilihan yang utama. Nasi merah memiliki serat yang lebih tinggi ketimbang nasi putih. Selain itu, nasi merah juga tergolong kepada karbohidrat kompleks yang artinya makanan dicerna lebih lama dan meninmbulkan rasa kenyang yang lebih lama

Comment

Similar Post You May Like