Tips Sahur Sehat Untuk Ibu Hamil, Praktis Anti Ribet!

Wpfreeware 2023-04-08 15:00:00 health

Source: Pinterest

Sobat Glamours sedang mengandung alias menjadi Bumil saat bulan puasa? Jangan khawatir untuk tetap melaksanakan puasa. Berikut ini tips untuk para Bumil menjalankan puasa sehat dan kuat. Salah satunya mempersiapkan sahur dengan sempurna. Pasalnya sahur yang sehat dan bernutrisi mampu menjaga para ibu dan bayinya di bulan puasa.


Yuk Sobat Glamours langsung saja intip tips persiapan sahur sehat untuk ibu hamil berikut ini!


Menjaga Hidrasi

Bolehkah Ibu hamil Minum Es? Ternyata Begini Kebenarannya | Prenagen

Source: Pinterest

Saat sahur ibu hamil perlu minum air putih yang banyak untuk memenuhi kebutuhan cairannya dan kebutuhan cairan bayi. Jika tidak mendapatkan cukup air akibatnya volume air ketuban akan menurun. Untuk mengatasinya para bumil bisa minum air putih sebanyak 8-12 gelas perhari atau sekitar 2 sampai 3 liter air.


 Sebagai tambahan, konsumsi juga buah dan sayuran yang memiliki kandungan air tinggi saat sahur seperti semangka atau melon. Disarankan juga bagi ibu hamil untuk minum susu kehamilan sebagai penambah kekuatan.


Konsumsi Makanan Bernutrisi

Mitos vs. Fakta Berpuasa Buat Bumil. Pelajari Mana yang Perlu Dipercaya dan  Nggak, Yuk!

Source: Pinterest

Nutrisi berperan penting dalam menjaga kesehatan janin dan daya tahan tubuh ibu. Karena itu, pastikan memilih jenis makanan yang bernutrisi saja tidak cukup, melainkan mengkonsumsi makanan bernutrisi yang tepat. Berikut rekomendasi makanan bernutrisi yang tepat:


  • Pilih karbohidrat kompleks yang bisa membuat perut kenyang lebih lama. Sumber karbohidrat kompleks bisa berasal dari nasi merah, roti gandum, atau oatmeal.
  • Tambahkan lemak sehat seperti ikan atau susu ke dalam menu sahur.
  • Hindari makanan berminyak atau gorengan yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan.
  • Hindari konsumsi makanan dan minuman manis.
  • Penuhi kebutuhan protein dengan mengonsumsi daging tanpa lemak dan kacang-kacangan.
  • Tambahkan juga buah dan sayuran sebagai sumber serat dan vitamin.


Meal prepping

Source: Pinterest

Meal prepping adalah istilah yang merujuk pada mempersiapkan makanan untuk beberapa hari kedepan. Bagi ibu hamil pasti sangat berat bangun di malam hari dan menyiapkan makanan untuk sahur. Nah, dengan meal prepping ibu bisa lebih menghemat waktu. Selain itu juga dapat membantu memaksimalkan istirahat di malam hari.


Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner