5 Inspirasi Takjil Untuk Buka Puasa di Kota Bandung, Langsung Serbu!

Wpfreeware 2023-03-30 05:47:05 Kuliner

Source: Pinterest

Saat bulan Ramadhan, sore hari merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu. Karena saat sore hari orang-orang akan melaksanakan tradisi ngabuburit sambilberburu takjil. Di Kota Bandung momen seperti itu sangat sering ditemukan. Terlebih takjil yang ada di kota kembang ini sangatlah beragam dan khas. Sobat Glamours yang penasaran dengan takjil tersebut yuk langsung intip inspirasi takjil berikut ini!


Es Goyobod

Es Goyobod, Nama Belanda Citarasa Khas Sunda - Radio Web Indo

Source: Pinterest

Es Goyobod merupakan minuman khas Bandung yang populer bagi masyarakat. Terbuat dari air gula, cincau hitam dan susu kental manis lalu ditambahkan es batu yang diserut. Tidak lupa dengan tambahan hunkue yang dipotong-potong.  Dalam bahasa Sunda, cincau hitam disebut goyobod atau agar-agar yang terbuat dari daun Mesona palustris. Dari situlah nama es goyobod ini berasal.


Es Cendol

Source: Pinterest

Selain es goyobod, es cendol juga menjadi menu takjil yang tidak kalah populer di Kota Bandung. Minuman ini terbuat dari tepung beras yang dicampur suji. Santan yang dicampur dengan gula merah cair ditambahkan agar cendol terasa nikmat dan segar. Terkadang, penjual menambahkan irisan nangka atau alpukat, yang semakin memperkaya rasa es cendol tersebut.


Colenak

Source: Pinterest

Colenak, nama unik makanan ini merupakan akronim dari ‘dicocol enak’. Sesuai dengan namanya, colenak, dicocol dengan saus nikmat yang terbuat dari gula merah dan parutan kelapa. Peuyeum atau tape yang dibakar merupakan bahan utama colenak ini. Makanan ini memiliki manfaat yang beragam, salah satunya mengandung vitamin A yang baik untuk kulit juga antioksidan.


Surabi 

Source: Pinterest

Takjil berikutnya adalah surabi manis khas Bandung. Terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan kelapa parut, gula merah dan garam kemudian dipanggang menggunakan tungku dan cetakan dari tanah liat. Biasanya rasa yang dimiliki surabi juga variatif, terlebih surabi lebih menarik dengan topping yang baru dan banyak.


Batagor


Source: Pinterest

Batagor atau singkatan dari Bakso Tahu Goreng juga menjadi makanan yang cocok untuk dijadikan takjil. Terbuat dari ikan tenggiri atau udang yang dilapisi kulit pangsit dan digoreng. Terdapat dua pilihan batagor untuk disajikan seperti batagor kering yang memakai bumbu kacang dan batagor kuah dengan kuah bening.


Itulah beberapa inspirasi takjil untuk Anda. Sobat Glamours suka yang mana?


Comment

Similar Post You May Like