Tips Mudah Tangani Clinomania, Obsesi Terhadap Tidur!

Wpfreeware 2023-02-10 08:12:33 health

Source: Pinterest

Setelah paham terhadap bahaya clinomania, Sobat Glamours perlu solusi untuk menangani gejala clinomania tersebut. Pasalnya jika dibiarkan begitu saja bisa berdampak pada aktivitas sehari-hari. Karena jika mengalami clinomania, Anda tidak hanya abai dengan tanggung jawab pekerjaan, bahkan bisa saja tidak peduli lagi dengan perawatan dan kebutuhan diri, karena cemas saat meninggalkan tempat tidur.


Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menanganinya adalah menyadari bahwa Anda sedang tidak baik-baik saja. Cobalah mencari tahu dari pendapat keluarga, teman dan pasangan. Jika sudah menyadarinya, coba mulai terapkan sleep hygiene agar lebih disiplin dengan pola dan waktu tidur yang Anda miliki.


Sleep hygiene merupakan praktik yang dilakukan untuk membangun kebiasaan tidur yang sehat. Pola tidur ini dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas tidur. Usahakan juga untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya, bahkan di hari libur sekalipun. Cara ini akan membantu Anda untuk membentuk ritme tidur yang konsisten.

Source: Pinterest

Kemudian untuk menangani clinomania sendiri Anda harus memastikan waktu tidur yang cukup, yaitu 7–8 jam setiap malamnya. Sehingga setelah terbangun Anda akan merasa segar dan bugar. Beberapa hal berikut juga mampu mengurangi bahkan menghilangkan obsesi dengan tidur dan tempat tidur secara terus menerus, coba lakukan beberapa aktivitas berikut ini:


  • Cobalah untuk memiliki dan merawat hewan peliharaan
  • Dengarkan musik atau belajar memainkan alat musik
  • Luangkan waktu bersenang-senang di luar rumah
  • Buat catatan agenda harian
  • Hubungi orang yang kamu percaya dan ceritakan apa yang kamu pikirkan
  • Lakukan olahraga secara rutin


Itulah beberapa cara yang mampu menghilangkan gejala clinomania. Namun jika setelah melakukan beberapa cara di atas masih tetap memiliki keinginan kuat untuk rebahan di tempat tidur hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, segera konsultasikan hal ini dengan dokter ya. Selamat mencoba Sobat Glamours!


Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner