Dampak Silent Treatment Pada Pasangan, Jangan Dianggap Sepele!

Wpfreeware 2023-01-19 15:00:00 health


Source : Pinterest

Saat menjali  hubunga dengan seseorang, Sobat Glamours pernahkah mengalami silent treatment dari pasangan Anda?  Meski sering dianggap sepele ternyata dampak dari silent treatment ini berpengaruh buruk terhadap kesehatan mental Anda loh. Pasalnya silent treatment ini bisa jadi juga sebagai hukuman psikologis dengan maksud mengabaikan orang lain, baik dalam hubungan keluarga, pertemanan, dan asmara yang dengan sengaja menunjukkan perilaku tidak peduli pada orang lain.


Atau bahkan buruknya menjadi pertanda perilaku playing victim yang merasa hanya dirinyalah yang menjadi korban. Lebih dari itu, seseorang yang melakukan silent treatment mendapati dirinya mempunyai kendali penuh dalam sebuah hubungan. Sementara lawannya akan kebingungan dan memikirkan segala faktor diluar kendalinya.


Berikut ini dampak buruk silent treatment pada kesehatan mental di ranah psikologi, simak dengan baik Sobat Glamours!

Source: Pinterest

  • Menyebabkan trauma secara emosional

Ketika merasa diabaikan oleh seseorang, maka ada berbagai macam emosi luar biasa yang dirasakan oleh korban. Misalnya depresi, marah, frustrasi, gelisah, kesepian atau merasa putus asa.


  • Menyebabkan sakit secara fisik

Ketika seseorang merasa diabaikan, otak akan memberi tahu bahwa mereka mengalami sakit fisik. Gejalanya dapat berupa sakit kepala, diare, sembelit, sakit perut, insomnia, kecemasan dan mudah merasa kelelahan. 


  • Never ending konflik

Silent treatment dapat menjadi suatu siklus yang berulang dalam sebuah hubungan. Ketika terjadi suatu konflik, pasangan suami istri berpikir bahwa memberi perlakuan diam merupakan solusi pemecahan masalah tersebut.  Padahal untuk mengatasi konflik pasangan harus bisa menemukan cara berkomunikasi yang sehat.


  • Berakhirnya hubungan

Silent treatment lama-kelamaan dapat menyebabkan keretakan dalam sebuah hubungan atau rumah tangga. Ketika pasangan mulai menjauh dan mengabaikan satu sama lain, mereka hanya memperdulikan ego masing-masing tanpa memikirkan keharmonisan hubungan.


Untuk itu, penting dalam sebuah hubungan untuk menyelesaikan masalah dengan kepala dingin, dan tidak mementingkan emosi sesaat sekaligus ego pribadi. Jangan sampai diabaikan ya Sobat Glamours!


Comment

Similar Post You May Like