Jaga Kulit Anda Agar Terhindar Dari Bahaya Polusi, Lalu Bagaimana Langkah Pencegahannya?

Wpfreeware 2022-12-02 11:00:00 health


Source: Pinterest

Polusi tak hanya berbahaya bagi pernafasan, namun jika sudah terpapar pada kulit anda, ini memicu berbagai masalah kesehatan pada kulit. Diantaranya mengakibatkan reaksi alergi hingga kanker kulit.

Dengan mengenali berbagai bahaya polusi terhadap kesehatan kulit, setidaknya ada upaya sebagai langkah pencegahan.

Terlebih paparan polusi pada kulit menyebabkan kulit mudah rusak dan terkena berbagai penyakit, apalagi paparan polusi berlangsung dalam waktu lama. Polusi yang dihasilkan bisa berasal dari berbagai zat pencemar atau polutan di luar dan dalam rumah.

Di luar rumah, sumber polusi udara biasanya berasal dari asap kendaraan, pabrik, dan pembakaran sampah. Saat musim tertentu, misal musim kemarau beberapa daerah sering dilanda bencana kebakaran hutan dan lahan, hal ini menyebabkan polusi udara berat.

Zat berbahaya yang dihasilkan yakni karbon monoksida, benzena, hidrogen klorida, ozon, dan logam berat, termasuk timbal dan merkuri. Ini bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah pada kulit.

Selain paparan zat beracun, polusi pada kulit juga bisa disebabkan oleh mikroorganisme, seperti bakteri dan jamur yang berkembang biak pada benda atau area di dalam rumah yang jarang dibersihkan.

Berbagai produk pembersih rumah tangga, seperti pembersih lantai dan detergen, juga bisa menyebabkan polusi pada kulit.

(FOTO: pexels)

Cara Mencegah Dampak Kerusakan Kulit Akibat Polusi

Untuk mencegah dampak kerusakan kulit akibat polusi, Anda bisa menggunakan masker, baju lengan panjang, dan topi saat beraktivitas di luar rumah. Selain itu, ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan polusi, antara lain:

  •     Membersihkan kulit secara rutin
  •     Menghindari paparan asap rokok
  •     Menggunakan tabir surya
  •     Mengonsumsi makanan bergizi

Paparan polusi pada kulit memang sulit dihindari, terlebih bila Anda tinggal di daerah dengan tingkat polusi yang tinggi. Namun, dengan berbagai cara di atas, setidaknya Anda bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan polusi.

Apabila Anda sering terpapar polusi pada kulit dan mengalami keluhan tertentu pada kulit, seperti gatal, kering, atau muncul bercak atau benjolan yang cepat membesar, sebaiknya segera konsutasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner