Punya Hobi Koleksi Barang? Ternyata Memiliki Manfaat Baik Bagi Kesehatan Mental

Wpfreeware 2022-11-19 11:00:00 health


Source: Pinterest

Jika anda memiliki hobi mengoleksi barang atau benda-benda unik, langka, dan punya ceritanya, yang dimana hobi ini dilakukan oleh para kalangan atas. Sebagian orang mengoleksi barang, selain karena suka, mereka teringat kenangan indah.

Adapun barang-barang koleksi secara umum meliputi album musik, koin, poster, mainan, karya seni, dan perangko. Diantara mereka yang mengoleksi barang tersebut yakni untuk kesenangan atau hobi, mempelajari lebih lanjut tentang objek, mencari status, dan ada juga orang-orang yang ingin menunjukkan kesetiaan kepada tim, negara, atau kampung halaman.

Jenis barang ang anda koleksi juga menunjukkan bagaimana kepribadian anda, dan apapun barang yang dikoleksi ternyata hal ini bermanfaat bagi kesehatan mental. Lantas apa saja manfaat yang diperoleh.

Source: Pinterest


Manfaat mengoleksi barang bagi kesehatan mental

Mengoleksi barang ternyata bisa meningkatkan pengetahuan, saat anda mengoleksi sesuatu makan wajar jika mengetahui apa saja nilai dari barang tersebut. Hal ini didasari karena sang kolektor mencari tahu lewat internet, membaca buku, dan sharing informasi dengan orang yang sama-sama hobi mengoleksi barang spesial ini.

Semakin seseorang menunjukkan kesukaan terhadap suatu barang, maka selain ingin memiliki, rasa keingintahuan pun semakin tinggi, termasuk penasaran dalam mengetahuinya.

Selain meningkatkan pengetahuan, mengoleksi barang, bisa meningkatkan kreativitas karena bisa merangsang secara visual atau yang meningkatkan perasaan koneksi mereka dengan dunia di sekitar mereka.

Dampak lain yang sangat terasa yakni mengurangi stres, apalagi kita tahu stres berdampak negatif pada kesehatan mental, bahkan merangsang ke fisik. Dengan mengoleksi barang ini bisa jadi metode dalam mengurangi stres. Banyak kolektor yang menghabiskan waktu dengan koleksi mereka membuat mereka menjadi rileks, tidak stres, dan menjadikan pikiran lebih tenang.

Comment

Similar Post You May Like