Kilas Balik Makna Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022

Wpfreeware 2022-10-28 17:00:00 hotnews


Source: Google Image



Setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai hari lahir Sumpah Pemuda. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan peringatan ini. Sumpah Pemuda menjadi sebuah ikrar dari pemuda dan pemudi Indonesia. Ikrar ini digagas oleh Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia atau PPPI yang juga turut dihadiri oleh organisasi pemuda lainnya. 

 

Dari ikar inilah, kemudian melahirkan sebuah sumpah yang membawa pemuda-pemudi Indonesia kepada persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Lalu, bagaimana sejarahnya? Berikut penjelasannya!

 

Sekilas Tentang Sumpah Pemuda

 

Sumpah Pemuda, atau yang dikenal juga sebagai Kongres Pemuda merupakan sebuah kongres nasional yang dilakukan sebanyak 2 kali di Jakarta. Rapat pertama dilaksanakan pada tahun 1920-an di Gedung Jongenligen Bond (KJB), Lapangan Benteng. 

 

Pada saat itu peserta kongres belum terpikirkan ide mengenai Sumpah Pemuda dan Moh Yamin membahas arti serta hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya, terdapat lima faktor yang dapat memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.

 Napak Tilas Museum Sumpah Pemuda, dari Indekos Menjadi Tempat Pergerakan

Source Google Image

Rapat kedua dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 1928 dan dilakukan dua kali di gedung yang berbeda. Di rapat kedua yang berlangsung di Gedung Oost-Java Bioscoop membahas masalah pendidikan. Pembicara pada saat itu, Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro berpendapat bahwa anak harus mendapatkan pendidikan kebangsaan dan harus dididik secara demokratis.

 

Rapat berikutnya dilaksanakan di hari yang sama, namun berpindah ke gedung Indonesische Clubhuis Kramat. Pada rapat ini dijelaskan pentingnya rasa nasionalisme dan demokrasi selain gerakan kepanduan. Di rapat inilah kemudian dirumuskan hasil kongres yang kemudian dikenal sebagai Sumpah Pemuda. 

 

Mulanya, 3 poin yang kini disebut Sumpah Pemula dulunya bernama Ikrar Pemuda. Kemudian sumpah ini diucapkan oleh para pemuda pada kongres pemuda II di Jakarta pada 28 Oktober 1928. Berikut isi Sumpah Pemuda:



  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

  2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

  3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.



Makna Sumpah Pemuda

 

Source: Pinterest

Lahirnya Sumpah Pemuda menjadi titik awal perjuangan pemuda-pemudi Indonesia, sehingga dimaknai sebagai persatuan dari perjuangan bangsa Indonesia. Semangat dari pemuda-pemudi Indonesia yang mencetuskan Sumpah Pemuda juga dapat memberikan energi positif pada generasi pemuda saat ini. Semangat juang inilah yang perlu untuk dimaknai.

 

Kalau Sobat Glamours, sudahkan memaknai hari Sumpah Pemuda?

Comment

Similar Post You May Like