Atasi Masalah Dengan Strategi Mekanisme Koping!

Wpfreeware 2022-09-09 13:00:00 health


Source: Pinterest

Coping mechanism atau mekanisme koping adalah strategi yang bisa Anda lakukan dalam menghadapi situasi yang menyebabkan stres atau trauma psikologis. Setiap orang, termasuk Anda, pasti pernah merasa stres akibat berbagai hal yang terjadi dalam hidup. Tidak hanya kejadian seperti perceraian, keguguran, atau meninggalnya orang tersayang saja yang dapat menjadi penyebab stres.


Bahkan, kejadian yang sering kali dianggap sebagai hal yang positif, seperti menikah, memiliki anak, atau membeli rumah baru, juga dapat menjadi pemicu Anda merasa stres.Strategi mekanisme koping tersebut bermanfaat untuk membantu Anda mengatur perasaan emosional yang muncul akibat situasi penyebab stres tersebut. Sebagai contoh amarah, rasa sedih, kesepian, rasa cemas, hingga depresi.


Strategi coping dalam ilmu psikologi dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu emotion-focused coping dan problem-focused coping.


Emotion-focused coping

Source: Pinterest

Strategi koping ini termasuk mekanisme koping yang fokus pada kondisi emosional Anda. Caranya yakni dengan mengurangi respons emosi negatif dari suatu kondisi penyebab stres, misalnya merasa malu, cemas, takut, berduka, dan frustasi. Strategi yang satu ini merupakan satu-satunya cara menerapkan kemampuan koping ketika sumber stres tak bisa Anda kendalikan


Problem-focused coping


Daripada mekanisme koping sebelumnya, yang satu ini merupakan strategi koping terbaik. Metode ini tidak hanya fokus pada tingkat stres, tetapi juga akar masalah dari stres tersebut. Ini artinya, Anda bisa mengatasi stres sekaligus pemicunya menggunakan mekanisme koping yang satu ini. Hanya saja, strategi ini belum tentu dapat Anda terapkan untuk setiap situasi


Pasalnya cara ini sebenarnya paling efektif untuk mengatasi sumber stres yang berasal dari pekerjaan atau tekanan saat sedang mencapai suatu tujuan saja. Karenanya mekanisme koping yang ini terbilang bagus namun tidak pada semua masalah.


Comment

Similar Post You May Like