Jangan Salah Remaja Juga Bisa Memiliki Flek Hitam, Simak Alasannya Berikut!

Wpfreeware 2022-09-06 15:00:00 Fashion&beauty


Source: Pinterest

Flek hitam menjadi salah satu permasalahan kulit yang menjadi ketakutan tersendiri bagi setiap perempuan, sehingga akhirnya banyak yang melakukan perawatan semaksimal mungkin agar jangan sampai muncul flek hitam di wajah. Umumnya flek hitam akan muncul pada umur 25 tahun ke atas saat umur menginjak matang dan dewasa. Tetapi nyatanya kini flek hitam bisa muncul di berbagai usia bahkan pada remaja lho, Sobat Glamours.


Bintik hitam tersebut muncul karena adanya peningkatan pigmentasi atau melanin pada kulit Anda. Hal tersebut disebabkan oleh hal-hal yang tidak disadari, apa saja ya kira-kira? Yuk Sobat Glamours simak berikut ini!


Terpapar sinar matahari

Source: Pinterest

Remaja pada umumnya memang banyak menghabiskan waktu di luar rumah sehingga lebih sering terpapar oleh sinar matahari. Karena kulit yang menyerap terlalu banyak sinar ultraviolet akan membuat produksi melanin pada kulit jadi meningkat, dan bagian pada kulit dengan jumlah melanin yang banyak atau menumpuk akan terlihat lebih gelap dibandingkan dengan bagian kulit lainnya sehingga tampak seperti bintik-bintik atau noda.


Jadi, munculnya flek hitam pada wajah remaja bisa karena terlalu lama atau terlalu sering terpapar sinar matahari. Tapi jangan khawatir karena menggunakan sunblock atau sunscreen setiap kali akan berutinitas akan membuat kulit terproteksi dengan baik. Selain itu Anda juga harus rajin mengaplikasikan ulang tabir surya tersebut setelah dirasa terhapus air atau keringat. Usahakan juga untuk menghindari berada di bawah sinar matahari terlalu lama.


Bekas jerawat

Source: Pinterest

Masa remaja memang menjadi masa-masa di mana banyak tumbuh jerawat di wajah, yang bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak bersih atau pola makan yang tidak teratur, sampai karena masalah hormon. Terlebih saat jerawat muncul para remaja gemar memencet jerawat, yang sebenarnya hal ini dapat memicu peradangan dan dapat membuat bekas jerawat lama hilang.


Peradangan jerawat tersebut akan mengakibatkan terjadinya kerusakan pada sel-sel keratinosit basal, yaitu bagian dari struktur tubuh manusia. Sehingga akan menimbulkan hiperpigmentasi yang menjadi penyebab munculnya flek hitam pada kulit Anda.


Kurang asupan vitamin

Source: Pinterest

Penyebab flek hitam pada remaja selanjutnya adalah karena kurangnya asupan vitamin. Remaja pada umumnya lebih suka jajan makanan di luar seperti seblak, cireng, dan cimol daripada mengonsumsi makanan yang sehat. Selain itu karena kesibukannya sebagai anak sekolah, memungkinkan mereka untuk tidak makan dengan teratur apalagi mengonsumsi vitamin.


Sebagai solusinya, usahakan untuk tetap memenuhi beberapa asupan vitamin, seperti vitamin E, vitamin K, dan vitamin B12. Beberapa vitamin tersebut sangatlah bermanfaat terutama vitamin tersebut dapat mencegah munculnya flek hitam pada wajah Anda!


Itulah beberapa penyebab kulit memiliki flek sejak remaja, tetaplah hindari dan minimalisir penyebab tersebut untuk membuat kulit wajah sehat tanpa flek hitam!


Comment

Similar Post You May Like