Kulit Mudah Memar Tanpa Disadari? Yuk Simak Penyebabnya!

Wpfreeware 2022-07-28 15:00:00 health


Source: Pinterest

Pernahkah Sobat Glamours mengalami lebam atau memar di sekitar tubuh Anda? Jika pernah mengalaminya maka segeralah mengobatinya. Lebam serta memar biasanya diperoleh karena terbentur  dengan sangat keras maupun ringan. Pasalnya Memar terjadi ketika pembuluh darah kecil pecah, sehingga sel-sel darah di dalamnya merembes keluar dan mengendap di bawah permukaan kulit. Hal ini menyebabkan timbulnya warna kemerahan atau keunguan pada kulit.


Kebanyakan memar atau lebam disebabkan oleh cedera fisik, dan dapat membaik dengan sendirinya dalam jangka waktu beberapa hari. Namun jika memar sering terjadi tanpa ada penyebab yang jelas atau muncul tiba-tiba, kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh penyakit atau kondisi medis tertentu. Yuk  Sobat Glamours simak selengkapnya berikut ini.


Kekurangan faktor pembekuan darah

Kenali Gejala Pembekuan Darah yang Disebut Efek Vaksin - Solopos.com |  Panduan Informasi dan Inspirasi

Source: Pinterest

Faktor pembekuan darah adalah protein di dalam darah yang berfungsi untuk membantu platelet menghentikan pendarahan. Ketika tubuh kekurangan faktor pembekuan darah, memar dan pendarahan secara spontan (tanpa sebab), seperti gusi berdarah, mimisan, atau memar di sendi, akan sangat mudah terjadi.Contohnya seperti penyakit hemofilia dan penyakit von Willebrand yang merupakan penyakit genetik.


Kekurangan platelet atau trombosit

Trombositopenia - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter

Source: Pinterest

Kondisi ini dapat disebabkan oleh penurunan produksi trombosit di sumsum tulang akibat infeksi virus, efek samping obat, atau kanker darah (leukemia dan limfoma). Selain itu, kekurangan trombosit juga dapat terjadi akibat trombosit diserang oleh sel-sel  pertahanan tubuh sendiri (autoimun), seperti pada penyakit idiopathic thrombocytopenic purpura (ITP).


Penyakit hati

Penyakit Liver: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan - LinkSehat

Source: Pinterest

Mudah memar bisa menjadi salah satu gejala liver. Liver atau hati merupakan organ yang berfungsi untuk menghasilkan protein pembentuk faktor pembekuan darah. Kerusakan hati akibat konsumsi alkohol berlebih, infeksi, atau sirosis dapat mengganggu produksi protein-protein ini dan menyebabkan memar lebih mudah terjadi.


Efek samping obat-obatan dan suplemen

Obat-obatan yang Wajib Ada di Kotak Obat Selama Liburan Akhir Tahun

Source: Pinterest

Obat antikoagulan dan antiplatelet yang dikenal sebagai obat pengencer darah, seperti aspirin, warfarin, dan clopidogrel, berfungsi untuk mencegah penggumpalan darah. Obat-obatan ini sering digunakan untuk mengobati stroke dan penyakit jantung. Namun, salah satu efek samping obat-obatan ini adalah mudah terjadi memar.


Itulah beberapa penyebab kulit Anda memar tanpa sebab yang pasti, usahakan untuk terus mengecek kesehatan Anda secara berkala ya, Sobat Glamours!


Comment

Similar Post You May Like